Enam Prajurit Thailand Tewas Terkena Bom Pinggir Jalan

Willy Haryono    •    Senin, 19 Jun 2017 21:35 WIB
thailand
Enam Prajurit Thailand Tewas Terkena Bom Pinggir Jalan
Sebuah tas sekolah anak-anak tergeletak di jalanan saat petugas memeriksa lokasi ledakan bom di distrik Tak Bai, Thailand, 6 September 2016. (Foto: AFP/MADAREE TOHLALA)

Metrotvnews.com, Pattani: Enam prajurit Thailand tewas dan empat lainnya terluka saat bom pinggir jalan menghancurkan kendaraan patroli mereka di wilayah selatan negara yang dilanda pemberontakan, Senin 19 Juni 2017. 

Bom menghantam sebuah mobil jenis pick-up yang membawa sepuluh tentara di sepanjang jalan provinsi Pattani.

"Ledakan terjadi sebelum tengah hari, menewaskan enam orang dan melukai empat lainnya," kata Preuk Liengsuk, Kepala Kepolisian Distrik Thung Yang Daeng, seperti dilansir AFP

Thailand selatan yang mayoritas penduduknya Muslim telah dilanda gelombang aksi kekerasan sejak satu dekade terakhir. Kekerasan berasal dari pemberontakan sejumlah grup etnis Malay yang menginginkan lebih banyak otonomi dari pemerintahan pusat Thailand. 

Penembakan dan pengeboman di Thailand selatan telah menelan lebih dari 6.800 jiwa sejak 2004. Pemberontak dan pemerintah saling menyalahkan atas jatuhnya banyak korban jiwa. 

Junta militer Thailand telah berusaha mendorong kembali dialog damai dengan para pemberontak sejak kudeta 2014. Namun negosiasi relatif mandek dan gelombang serangan pun berlanjut di wilayah selatan. 

Pemerintah Thailand tidak yakin negosiator pemberontak mampu mengendalikan anak buahnya di lapangan. Sementara pemberontak tidak memercayai bahwa Junta akan memberikan kekuasaan otonomi kepada mereka dalam waktu dekat. 

Meski sebagian besar membidik prajurit dan polisi, pemberontak juga kerap menyerang guru, pejabat lokal atau bahkan warga sipil yang dianggap sebagai kaki tangan pemerintah. 

Mei lalu, pengeboman oleh pemberontak di Pattani menewaskan sedikitnya 40 orang di luar sebuah supermarket.



(WIL)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

37 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA