Jalan ke Titik Pusat Protes Bersih Diblokir Polisi

Anggi Hasibuan    •    Sabtu, 19 Nov 2016 09:40 WIB
protes bersih
Jalan ke Titik Pusat Protes Bersih Diblokir Polisi
Massa pengunjuk rasa Bersih 5 (Foto: Anggi Hasibuan).

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Massa kelompok pro-demokrasi Malaysia Bersih, sudah mulai memenuhi wilayah lokasi unjuk rasa Sabtu 19 November. Namun polisi sudah memblokir jalan ke titik pusat demo.
 
Menurut laporan jurnalis Metro TV yang berada di Kuala Lumpur, warga sudah mulai ramai di wilayah Masjid Jamek. Lokasi tersebut berada di samping Dataran Merdeka.


Massa kelompok Bersih (Foto: Anggi Hasibuan).
 
 
Tetapi Dataran Merdeka yang seharusnya menjadi tempat kumpul aksi protes Bersih 5, diblokir akses masuknya oleh pemerintah. Sebelumnya, pihak Kepolisian Malaysia memang melarang massa untuk mendekati Dataran Merdeka.
 
Larangan dari polisi itu ditujukan baik kepada massa Bersih ataupun kelompok 'Kaus Merah' yang mendukung pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak.
 
"7.000 personel polisi dikerahkan (untuk melakukan pengamanan). Sementara media tidak diperbolehkan masuk ke kawasan tertentu," lapor jurnalis Metro TV, Anggi Hasibuan di Kuala Lumpur, Sabtu (19/11/2016).
 
Adapun massa Bersih saat ini sudah mencapai sekitar 200 ribu orang. Kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah.
Massa Bersih 5 bersiap lakukan unjuk rasa (Foto: Anggi Hasibuan).
 
 
Pemimpin massa pro dan anti-pemerintah ditahan
 
Beberapa jam sebelum unjuk rasa Bersih 5 dilakukan, polisi menahan dua pemimpin massa yang akan melakukan unjuk rasa pada hari ini.
 
Penangkapan dilakukan terhadap pemimpin massa anti-pemerintah yakni Maria Chin Abdullah. Maria selama ini dikenal ketua kelompok pro-demokrasi Bersih 2.0.
 
 
Sementara penangkapan juga dilakukan terhadap pemimpin kelompok pro-pemerintah Datuk Seri Jamal Yunos. Jamal ditahan pada Sabtu 19 November, sekitar pukul 1.30 malam waktu setempat. Diketahui bahwa Pimpinan Partai UMNO wilayah Sungai Besar itu dibawa ke markas Polisi Selangor di Shah Alam.
 
Dari kubu Bersih, yang ditahan tidak hanya Maria Chin Abdullah tetapi juga Mandeep Singh. Penangkapan dilakukan dengan alasan bahwa organisasi itu didanai oleh seorang miliuner asal Amerika Serikat (AS).



(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA