Pengamanan RS Tempat Raja Thailand Dirawat Diperketat

Willy Haryono    •    Rabu, 12 Oct 2016 17:17 WIB
politik thailand
Pengamanan RS Tempat Raja Thailand Dirawat Diperketat
Warga memegang foto Raja Bhumibol di depan rumah sakit tempat sang monarki itu dirawat di Bangkok, 11 Oktober 2016. (Foto: AFP/MUNIR UZ ZAMAN)

Metrotvnews.com, Bangkok: Pengamaman di sekitar rumah sakit tempat dirawatnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej diperketat, Rabu (12/10/2016), menjelang kedatangan Putra Mahkota. 

Raja Bhumibol, 88, adalah monarki terlama di dunia yang dicintai sebagian besar warga Thailand. Dirinya sudah tidak lagi terlihat di hadapan publik selama hampir satu tahun karena sering jatuh sakit. 

Kekhawatiran masyarakat Thailand berkembang sepekan ini, setelah istana mengumumkan kondisi kesehatan sang raja yang "tidak stabil." Tim dokter menyarankan raja untuk menghentikan segala aktivitas kerajaan. 

Reporter AFP di luar rumah sakit mengonfirmasi adanya tambahan personel polisi, beberapa di antaranya bergabung dalam warga yang mendoakan kesehatan raja. 

"Keamanan ditingkatkan karena Putra Mahkota akan datang ke rumah sakit," kata seorang juru bicara rumah sakit tempat Raja Bhumibol dirawat. 

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha dilaporkan telah membatalkan semua aktivitasnya di provinsi Chonburi dan bertolak pulang ke Bangkok. Detail alasan pembatalan tidak disebutkan. 

Kesehatan Raja Bhumibol adalah isu tabu di Thailand. Pihak istana mengatur ketat segala berita mengenai kesehatan Raja Bhumibol. 


Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. (Foto: AFP)

Sejak dua tahun terakhir, Raja Bhumibol berjuang melawan beragam penyakit, termasuk infeksi, kesulitan bernapas, gangguan penglihatan dan hydrochepalus atau membesarnya kepala akibat penumpukan cairan. 

Sebagian besar warga Thailand generasi saat ini tidak mengenal raja lain selain Bhumibol. Sang raja dipandang sebagai simbol pemersatu Thailand, negara yang dilanda guncangan politik hebat selama berdekade-dekade.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA