Korban Tewas Demo Iran Jadi 21 Orang

Sonya Michaella    •    Selasa, 02 Jan 2018 15:30 WIB
politik iraniran
Korban Tewas Demo Iran Jadi 21 Orang
Demonstrasi di Iran memasuki hari keenam. (Foto: AFP)

Teheran: Korban tewas akibat demonstrasi yang terjadi di Iran bertambah sembilan orang. Kini, total korban tewas menjadi 21 orang, termasuk satu petugas kepolisian.

Hari keenam demonstrasi, para pedemo mencoba menyerbu sebuah kantor polisi di Qahderijan di wilayah Isfahan tengah. Akibatnya, enam orang tewas.

Dikutip dari Guardian, Selasa 2 Januari 2018, tiga lainnya diketahui tewas ditembak mati dan jasadnya ditemukan di sebuah pedesaan di dekat Teheran.

Demonstrasi awal yang memprotes kenaikan harga pangan ini terjadi di Mashhad pada Kamis pekan lalu. Sampai saat ini, ratusan orang dinyatakan telah ditangkap.

Presiden Iran Hassan Rouhani pun telah menyerukan perdamaian di tengah buruknya situasi di kota-kota, terutama di Teheran.

Demonstrasi yang memrotes soal lonjakan harga pangan kini berubah menjadi demonstrasi yang menentang rezim teokratis Iran.

Kericuhan yang terjadi di Teheran juga mendapat komentar dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ia mengatakan bahwa Iran memerlukan perubahan.

"Rezim yang menindas tidak dapat bertahan selamanya. Akan tiba hari ketika warga Iran menghadapi pilihan," ungkap Trump.

Menanggapi komentar ini, Rouhani membalas bahwa Trump tidak memiliki hak untuk bersimpati dengan pedemo dan juga rakyat Iran.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA