RI, Filipina dan Malaysia Akan Bahas Marawi di Sela KTT ASEAN

Sonya Michaella    •    Kamis, 09 Nov 2017 18:12 WIB
ktt aseanasean
RI, Filipina dan Malaysia Akan Bahas Marawi di Sela KTT ASEAN
Militer Filipina melakukan pertempuran melawan kelompok militan di Marawi selama lima bulan (Foto: AFP).

Jakarta: Indonesia, Filipina, dan Malaysia akan menggelar pertemuan trilateral informal di Manila, di sela-sela KTT ASEAN ke-31. Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan trilateral yang membahas Marawi.

"Ini merupakan petemuan informal singkat. Tujuan utama bilateral untuk membahas situasi di Marawi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada awak media di Kemenlu RI, Jakarta, Kamis 9 November 2017.

"Beberapa minggu terakhir ini ada perkembangan positif. Mungkin Filipina akan menyampaikan laporan yang ada di lapangan," lanjut dia.

Arrmanatha menyampaikan, dalam pertemuan sebelumnya sudah ada beberapa rencana yang sudah disepakati ketiga negara untuk menanggulangi terorisme.

"Rencana itu termasuk sebagai upaya untuk membangun kembali langkah selanjutnya seltelah Marawi kondusif. Ini isu yang menjadi perhatian bersama," ungkap Arrmanatha lagi.

Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, pun sudah menyatakan bahwa Omar Maute dan Isnilon Hapilon terbunuh dalam operasi yang dilakukan militer Filipina pada Oktober kemarin.

Lorenzana mengatakan, kini ia berharap dapat mengumumkan berakhirnya kekacauan di Marawi dalam beberapa hari mendatang, meski prediksi seperti ini pernah disampaikan sebelumnya.

Omar Maute dan saudara laki-lakinya, Abdullah, bertanggung jawab atas rencana serangan di Marawi pada akhir bulan Mei.

Kedua bersaudara itu mengaitkan diri mereka dengan Isnilon Hapilon, mantan pemimpin kelompok teroris Abu Sayyaf dan bagian dari kelompok ISIS yang memproklamirkan dirinya sebagai pemimpin ISIS di Asia Tenggara.


(FJR)