24 Pemuda Bersatu Ciptakan Inovasi bagi Pembangunan Asia Tenggara

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 27 Oct 2017 14:55 WIB
belandaasean
24 Pemuda Bersatu Ciptakan Inovasi bagi Pembangunan Asia Tenggara
Bekerja sama dengan ASEAN, Belanda membuat program Orange ASEAN Sustainability Project (Foto: Marcheilla Ariesta/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 24 pemuda dari seluruh dunia bergabung dalam program Orange ASEAN Sustainability Project yang merupakan program kerja sama yang dilakukan ASEAN dengan Pemerintah Kerajaan Belanda.
 
Para pemuda ini mengerjakan proyek pembangunan berkelanjutan untuk enam perusahaan Belanda yang ada di Indonesia, seperti Frisian Flag, Unilever, Amcor, AkzoNobel, DSM, dan Royal Haskoning DHV.
 
Proyek bisnis yang kali ini dipegang mereka berupa pengurangan dan pengolahan sampah plastik, membuat solusi digital untuk masalah air bersih, dan pembangunan berkelanjutan untuk pertanian dan peternakan.
 
Katja, salah satu peserta asal Eropa menuturkan kelompoknya mengedukasi para peternak memelihara sapinya. Dari pengalaman di lapangan selama tiga pekan, sapi-sapi di Indonesia hanya dibawa ke pada rumput untuk makan.
 
Padahal, imbuh dia, sapi-sapi bisa diberikan makanan khusus agar bisa menghasilkan lebih banyak susu.
 
"Kami juga mengedukasi bagaimana para petani bisa bekerja sama dengan klien kami, Frisian Flag, dalam pemasaran susu. Karenanya, kami mengajak klien kami untuk memberikan edukasi juga kepada peternak agar susu yang dilakukan berkualitas," ujar Katja, saat ditemui di Erasmus Huis, Jakarta, Jumat 27 Oktober 2017.
 
Sementara itu, Duta Besar Kerajaan Belanda di Indonesia Rob Swartbol menyebutkan Asia Tenggara bisa menjadi pusat pembangunan berkelanjutan di kemudian hari. Karenanya, dia menuturkan, pembangunan tak boleh dilakukan asal-asalan. Dampaknya bagi lingkungan juga harus diperhatikan.
 
Para peserta mengaku kegiatan yang dilakukan Orange ASEAN ini sangat bermanfaat bagi mereka. Karena memberikan pengalaman bagi mereka di dunia pekerjaan.
 
Kegiatan kali ini adalah yang kelima kalinya dilakukan oleh Orange ASEAN. Sebelumnya, tepatnya pada 2016, kegiatan seperti ini dilakukan dua kali di Bangkok, dan sekali di Kuala Lumpur. Pada 2017, program ini juga sudah dibuat di Singapura awal tahun ini.



(FJR)