Badan Antikorupsi Pakistan Tangkap Menantu dari Mantan PM Sharif

Arpan Rahman    •    Senin, 09 Oct 2017 16:33 WIB
Badan Antikorupsi Pakistan Tangkap Menantu dari Mantan PM Sharif
Mohammad Safdar. (Foto: The Express Tribune)

Metrotvnews.com, Islamabad: Menantu dari Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif ditangkap di bandara Islamabad, Senin 9 Oktober 2017, oleh badan antikorupsi saat kembali dari London. Beberapa pejabat menyebut langkah itu sebuah contoh langka dari ditangkapnya seorang politikus berpengaruh.

Muhammad Safdar, anggota parlemen yang menikahi putri dan pewaris Sharif -- Maryam, ditangkap setelah mangkir hadir dalam persidangan di National Accountability Bureau (NAB) terkait tuduhan korupsi yang berasal dari penyelidikan kekayaan keluarga Sharif.

Mantan PM Sharif sudah membantah berbuat kesalahan seraya menyebut tuduhan korupsi terhadap keluarganya bermotif politik. Dua putra Sharif juga dijadwalkan hadir di hadapan pengadilan NAB bersama Menteri Keuangan Ishaq Dar.

Sharif diberhentikan Mahkamah Agung Pakistan pada Juli lalu karena tidak bisa menjelaskan dari mana beberapa sumber kekayaannya. Pengadilan tinggi Pakistan telah menyerukan adanya penyelidikan berskala luas terhadap semua anggota keluarga Sharif.

MA Pakistan menetapkan persidangan terkait Sharif harus berakhir dalam kurun waktu enam bulan oleh NAB. Sebelumnya NAB sempat dicemooh sebagai lembaga lemah karena banyak politikus kaya dan berkuasa yang lolos dari jeratan hukum.

Seperti dilansir AFP, Senin 9 Oktober 2017, Safdar ditangkap setelah lewat tengah malam. Ia hadir di NAB bersama Maryam pagi ini.

Tayangan televisi menunjukkan beberapa pendukung dari Liga Muslim Pakistan (PML-N), partai Sharif, berupaya menghentikan mobilnya yang meninggalkan bandara. Seorang pejabat PML-N senior lantas mendesak mereka agar memberi jalan.

Khawaja Saad Rafique, menteri di Kabinet PML-N, menulis di Twitter bahwa tidak ada perlawanan dalam penangkapan Safdar, kendati partai tersebut merasa "keberatan" terkait proses peradilan saat ini.
(WIL)