India Masih Diselimuti Kabut Asap

Sonya Michaella    •    Selasa, 14 Nov 2017 10:09 WIB
kabut asapindia
India Masih Diselimuti Kabut Asap
Seorang anak pergi bersekolah dengan memakai masker. (Foto: AFP)

New Delhi: India masih diselimuti kabut asap dengan tingkat kategori parah yakni level PM2,5 yang meningkat menjadi 500. Tingkat asap seperti ini disinyalir cukup membahayakan bagi warga India.

Pemerintah India pun telah melarang berbagai kegiatan yang dapat menyebabkan asap seperti menghentikan semua aktivitas konstruksi untuk sementara.

Dikutip dari Strait Times, Selasa 14 November 2017, namun sejumlah sekolah dasar setempat yang sempat ditutup sejak sepekan lalu mulai dibuka kembali. 

Departemen Meteorologi India menyatakan, tingkat asap akan menurun mulai malam hari ini. Anak-anak terlihat memakai masker selama perjalanannya ke sekolah. 

Tingkat asap ini tidak berubah sejak pekan llau di mana kurangnya angin menyebabkan polutan terjebak di dalam kota dan menambah polusi yang ada di dalam kota.

Partikel yang dihasilkan dalam kualitas udara yang buruk ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, gangguan pernapasan bahkan kanker paru-paru.

Sebuah artikel bulan lalu di jurnal medis The Lancet mengatakan polusi bertanggung jawab atas hingga 2,5 juta kematian di India pada 2015, lebih banyak daripada di negara lain.



(FJR)