Pengacara: Bukti Persidangan Hari Ini Tak Sudutkan Siti Aisyah

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 30 Nov 2017 19:51 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Pengacara: Bukti Persidangan Hari Ini Tak Sudutkan Siti Aisyah
Siti Aisyah dituduh membunuh Kim Jong-Nam (Foto: AFP).

Shah Alam: Sidang Siti Aisyah, tersangka pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) asal Indonesia, terus dilakukan. Dalam persidangan kali ini, pengacara Siti Aisyah mengatakan tak ada bukti yang mengarah ke kliennya.
 
 
"Persidangan hari ini masih mendengarkan kesaksian dari petugas investigasi kriminal Malaysia, Nasrol Sain. Bukti yang dikeluarkannya tak ada yang mengarah ke Siti Aisyah, semuanya ditujukan ke Doan Thi Huong," ujar pengacara Gooi dari firma hukum Goo and Azzura, dalam video yang diterima Medcom.id, Kamis, 30 November 2017.
 
Saksi mengatakan bahwa Doan menyewa kamar di Sky Star Hotel kamar 410 antara 13 hingga 15 Februari 2017.
 
Selain membawa bukti yang menyudutkan Doan, yang merupakan tersangka asal Vietnam, pihak Malaysia membawa juga petugas hotel tempat tiga warga Korut yang diduga sebagai dalang tewasnya Kim Jong-nam.
 
Bukti yang dibawanya dipindahkan dari kamera pengawas ke DVD. Gooi menyebut bahwa pihaknya tengah mempelajari video-video tersebut.
 
Persidangan Siti Aisyah kali ini merupakan yang terakhir di 2017. Persidangan selanjutnya akan dilakukan pada 22 hingga 24 Januari 2018. 
 
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal, menuturkan bahwa pada persidangan selanjutnya, masih akan mendengarkan kesaksian dari provider CCTV hotel.
 
Proses persidangan Siti Aisyah lebih lama dari yang dijadwalkan. Hal ini dikarenakan pihak pengacara meminta menukar kesaksian dari pihak tersangka dan permintaan itu disetujui hakim.
 
Siti Aisyah dan Doan Thi Huong merupakan tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un, pemimpin Korut. Jong-nam tewas diduga karena diracun.



(FJR)