Kapal Malaysia Berlabuh di Perairan Singapura

Sonya Michaella    •    Jumat, 07 Dec 2018 13:24 WIB
malaysiasingapura
Kapal Malaysia Berlabuh di Perairan Singapura
Kapal Polaris milik Malaysia. (Foto: Facebook Abi Muaz Al Buduwi via Channe;l News Asia)

Singapura: Sebuah kapal Malaysia dilaporkan telah berlabuh di perairan teritorial Singapura. Kapal ini disebut akan berlabuh selama beberapa hari untuk menandai wilayah.

"Kapal Malaysia ini sudah ada sejak 3 Desember. Saya kira kapal ini sudah berlabuh selama beberapa hari, dan bahkan saat protes sudah dilayangkan, kapal ini masih di sana," kata Menteri Transportasi Khaw Boon Wan, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 7 Desember 2018.

"Ada tiga kapal Malaysia yang saat ini memasuki perairan kita," lanjut dia.

Khaw mengatakan, ada 14 intrusi ke perairan teritorial Singapura, khususnya yang mendekat ke perairan Tuas, usai Malaysia memutuskan akan memperluas batas wilayah perairan dan ruang udara ke Johor Bahru.

Baca: Singapura-Malaysia Perebutkan Batas Maritim

Menurut situs pelacakan kapal global MarineTraffic, kapal Polaris milik Malaysia ini berhenti di perairan Tuas. 

Menanggapi tudingan Singapura, Departemen Kelautan Malaysia mengatakan bahwa Polaris adalah kapal multi-tujuan yang dapat menarik kapal dan membantu kebakaran di laut. 

Pemerintah Singapura menyatakan akan memperluas batas perairan hingga wilayah Tuas. Pernyataan ini dikeluarkan setelah Malaysia hendak memperluas pelabuhan hingga mendekati wilayah laut Singapura.

Baca: Perebutan Batas Maritim, Malaysia Kirim Protes ke Singapura

Selain itu, Malaysia juga berencana mengambil alih kendali ruang udara di Johor, yang selama ini dikelola oleh Singapura. Negeri Singa telah meminta Kuala Lumpur untuk menahan diri dari provokasi tersebut dan adanya pelanggaran hukum jika tetap dilanjutkan.

Kementerian Transportasi juga mengaku siap untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai sesuai dengan hukum internasional.





(FJR)