Singapura Diprediksi jadi Lokasi Pertemuan Trump-Kim Jong-un

Sonya Michaella    •    Senin, 07 May 2018 10:25 WIB
korea utara
Singapura Diprediksi jadi Lokasi Pertemuan Trump-Kim Jong-un
Sudut kota Singapura. (Foto: Strait Times)

Seoul: Sebuah laporan media Korea Selatan (Korsel) menyebutkan bahwa Singapura diyakini menjadi negara tempat pertemuan bersejarah dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Seorang sumber anonim juga membeberkan bahwa Trump telah menentukan pilihan negaranya yang jatuh ke Singapura. Namun, dari Korut sendiri belum mengumumkan apapun terkait pertemuan ini.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin 7 Mei 2018, Trump juga telah mengumumkan bahwa waktu dan tempat pertemuannya dengan Kim telah ditentukan, kendati tak memberikan rincian lebih lanjut.

"Kami sudah memiliki tanggal dan lokasi. Kami akan mengumumkannya segera," kata Trump.

Sebelumnya, Trump pernah mengatakan dirinya brharap dapat bertemu Kim di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan dua Korea. DMZ merupakan tempat pertemuan antara Presiden Korsel Moon Jae-in dan Kim Jong-un.

Sementara itu, Presiden Korsel Moon Jae-in akan bertolak ke Washington pada 22 Mei mendatang untuk membahas pertemuan Trump dan Kim.

Selain Singapura, Mongolia juga disebut-sebut sebagai negara yang akan dipilih Trump. Pasalnya, Kim bisa masuk ke Mongolia dengan menaiki kereta antipeluru.

Indonesia juga menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah pertemuan Trump dan Kim. Hal ini diutarakan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo saat memanggil Duta Besar Korsel dan Duta Besar Korut ke Istana Presiden, pekan lalu. 


(WIL)