Korut akan Berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo

Willy Haryono    •    Sabtu, 31 Mar 2018 16:45 WIB
korea utarakorea selatan
Korut akan Berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo
Presiden IOC Thomas Bach (kiri) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un di Pyongyang, . (Foto: KCNA/EPA)

Pyongyang: Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan Korea Utara akan berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo dan juga Olimpiade Musim Dingin di Beijing dua tahun setelahnya. 

Hal ini disampaikan Presiden IOC Thomas Bach, yang mengklaim pemimpin Korut Kim Jong-un berkomitmen untuk mengikuti ajang olahraga global tersebut. 

Bach mengaku telah berdiskusi secara formal dengan Kim Jong-un selama 30 menit, diikuti dengan percakapan kasual berdurasi 45 menit. Percakapan dilakukan keduanya sembari menonton pertandingan sepakbola di Stadion May Day di Pyongyang. 

Kim disebut mengekspresikan rasa terima kasih atas peran IOC dalam membantu Korut berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan bulan lalu.

"Kami telah berdialog dengan baik, dan sang pemimpin agung memiliki visi yang jelas mengenai peran olahraga di tengah masyarakat, terkait dengan pendidikan dan juga kesehatan," ungkap Back, seperti dilansir Guardian, Sabtu 31 Maret 2018. 

Ia menambahkan bahwa Kim memberitahu kepadanya bahwa partisipasi Korut dalam Olimpiade Pyeongchang adalah sesuatu yang "penting untuk dialog damai" antar kedua Korea.

Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) menuliskan bahwa Bach telah mengekspresikan "rasa terima kasih" kepada Kim atas partisipasi Korut di Pyeongchang. Bach menyebut olimpiade tersebut telah menjadi "ajang perdamaian."

Presiden IOC tiba di Pyongyang pada Kamis kemarin untuk mendiskusikan perkembangan olahraga secara umum di Korut, dan persiapan para atlet-atletnya menjelang olimpiade Tokyo dan Beijing.

Korut dan Korsel sama-sama menyebut olimpiade Pyeongchang sebagai langkah signifikan dalam menurunkan ketegangan di Semenanjung Korea.


(WIL)