Mahathir Resmi Bekerja sebagai PM Baru Malaysia

Willy Haryono    •    Senin, 14 May 2018 11:06 WIB
politik malaysia1mdbPemilu Malaysia 2018
Mahathir Resmi Bekerja sebagai PM Baru Malaysia
Awak media berkumpul di depan kantor PM baru Malaysia Mahathir Mohamad di Putrajaya, 14 Mei 2018. (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)

Putrajaya: Mahathir Mohamad, 92, resmi memulai pekerjaannya sebagai Perdana Menteri baru Malaysia, Senin 14 Mei 2018, usai dirinya menang secara mengejutkan dalam pemilihan umum pekan lalu.

Memulai periode keduanya sebagai PM setelah sempat berkuasa selama dua dekade, Mahathir tiba di kantor yayasan miliknya di Putrajaya.

Seperti dikutip AFP, dia datang dengan menggunakan mobil hitam, yang merupakan bagian dari konvoi polisi. Mahathir sempat membuka kaca jendela untuk menyapa para awak media. 

Hari ini, agenda perdana Mahathir adalah menggelar pertemuan dengan sejumlah petinggi pegawai negeri sipil.

Mahathir menang secara mengejutkan dalam pemilu melalui aliansi Pakatan Harapan. Ia mengalahkan koalisi Barisan Nasional yang dipimpin Najib Razak, mantan anak didiknya.

Tak lama usai dinyatakan menang dalam pemilu, Mahathir langsung mencegah Najib agar tidak bepergian ke luar negeri. Mahathir menegaskan Najib harus menghadapi konsekuensi jika terbukti bersalah dalam kasus korupsi perusahaan 1MDB.

Selama ini, Najib dan 1MDB sama-sama membantah telah berbuat kesalahan.

Najib sempat dikabarkan hendak "beristirahat sejenak" ke Indonesia bersama istrinya. Namun puluhan orang berkumpul di bandara Subang, Selangor, untuk 'menghentikan' Najib. Penerbangan pun dibatalkan.


(WIL)