Pengacara Yakin Siti Aisyah akan Bebas

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Jul 2018 15:47 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Pengacara Yakin Siti Aisyah akan Bebas
Pengacara Siti Aisyah, Gooi Soon Seng yakin kliennya akan bebas (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Pengacara Siti Aisyah, Gooi Soon Seng mengaku sangat optimistis bahwa Siti Aisyah akan bebas dari jeratan hukuman Malaysia terkait kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang bernama Kim Jong-nam.
 
Baca juga: Pengacara Siti Aisyah: Tuduhan Pengadilan Tak Jelas.
 
Jong-nam tewas pada 16 Februari 2017 setelah diduga terpapar agen saraf VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Dua orang pun menjadi tersangka yaitu Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong asal Vietnam.
 
"Saya optimistis bahwa Siti Aisyah akan bebas. Dia tidak bersalah. Tidak ada bukti yang membuktikan ia memaparkan agen saraf ke Kim Jong-nam," kata Gooi kepada awak media, Rabu 11 Juli 2018.
 
Pada 16 Juli mendatang, Siti Aisyah akan menghadapi putusan sela. Jika prima fasie, berarti akan ada sidang lagi yang digelar. Namun, jika tidak, Siti Aisyah bisa saja bebas, tergantung keputusan pengadilan.
 
Kendati demikian, pengadilan juga masih bisa mengajukan banding yang nantinya akan digelar sidang di pengadilan banding dan Siti Aisyah bisa melakukan pembelaan.
 
"Siti Aisyah memang tidak bersalah. Makany dia dia tidak pernah mengaku bahwa ia memaparkan agen saraf VX. Tidak ada jejak agen saraf di DNA Siti," tegas Gooi.
 
Baca juga: Dakwaan dan Alat Bukti Kasus Siti Aisyah Dinilai Lemah.
 
Sejak awal persidangan, Siti dan Doan Thi Huong memang mengaku tak bersalah. Mereka mengaku ditipu oleh empat pria asal Korut yang akan melibatkan mereka di sebuah acara televisi.
 
Gooi membeberkan bahwa kejadian di Bandara KLIA2 pada 16 Februari 2017 tersebut adalah kali ketiga Siti dan Doan diminta berpura-pura bermain di sebuah acara televisi, setelah sebelumnya dilakukan di Kamboja dan satu kali di Bandara KLIA2.


(FJR)


Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

15 hours Ago

Sebuah jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di laut lepas dari pulau Okinawa di…

BERITA LAINNYA