Kalla: Perdamaian di Afghanistan Butuh Waktu

Dheri Agriesta    •    Jumat, 11 May 2018 18:32 WIB
konferensi ulama
Kalla: Perdamaian di Afghanistan Butuh Waktu
Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama perwakilan ulama dari Pakistan, Afghanistan, dan Indonesia, di depan Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, 11 Mei 2018. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta

Bogor: Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup pertemuan trilateral ulama tiga negara, Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia. Pertemuan ini merupakan langkah awal menciptakan perdamaian di Afghanistan.

"Butuh waktu (perdamaian Afghanistan). Insyaallah kalau bisa dicapai tahun (ini), itu sangat bagus," kata Kalla usai penutupan pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 11 Mei 2018.

Pertemuan ulama tiga negara ini bertujuan mendamaikan pemerintah Afghanistan dengan Taliban. Pertemuan yang dihadiri perwakilan ulama dari Pakistan, Afghanistan, dan Indonesia ini membahas upaya perdamaian.

Ulama dipilih karena latar belakang masyarakat muslim yang menjunjung tinggi ulama. Seruan ulama lebih didengar masyarakat muslim.

"Maka, ini seruan ulama bahwa kalian semua, kita semua, harus mencapai damai. Damai itu hanya bisa dicapai kalau duduk berunding, dialog. Masih panjang ini prosesnya, ini statement awal, payungnya," kata Kalla.

Baca: Politik Wasathiyah

Pertemuan yang berlangsung seharian di Istana Bogor ini menyerukan hal yang sama. Ulama tiga negara setuju dengan perdamaian di Afghanistan.

"Apalagi asal kata Islam itu 'damai', para ulama memperingatkan kepada semua pihak untuk mencapai perdamaian," kata Kalla.

Pertemuan ditutup dengan pembacaan Declaration Bogor for Peace oleh perwakilan ulama tiga negara, yakni Ataullah Lodin dari Afghanistan, Qibla Ayaz dari Pakistan, dan Quraish Shihab dari Indonesia.




(UWA)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

8 hours Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA