Media Berperan Menyuarakan Sikap Indonesia di Luar Negeri

Sonya Michaella    •    Selasa, 09 Jan 2018 16:45 WIB
kemenlumetro tv
Media Berperan Menyuarakan Sikap Indonesia di Luar Negeri
Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV Abdul Kohar (ketiga dari kanan) menerima penghargaan Adam Malik dari Menlu Retno LP Marsudi (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Stasiun televisi Metro TV sangat bangga bisa meraih kembali dari Kementerian Luar Negeri RI tersebut pada tahun ini. Penghargaan Adam Malik diraih Metro TV sejak 2015, 
 
 
Diumumkan di Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menlu Retno Marsudi kepada Abdul Kohar selaku Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV.
 
"Tentu saja ini membanggakan. Empat kali sudah kita mendapat Penghargaan Adam Malik ini. Ternyata hasil kerja keras kita diapresiasi Kemenlu," kata Kohar, sapaan akrabnya, kepada Medcom.id, Selasa 9 Januari 2018.
 
Menurut Kohar, peran media cukup penting adanya untuk membantu diplomasi Indonesia di luar negeri, khususnya untuk isu-isu yang krusial.
 
"Peran media dalam diplomasi luar negeri Indonesia tidak dapat diremehkan. Media menjadi bagian dari ikut menyuarakan sikap-sikap Indonesia terhadap dunia," lanjut dia.
 
Jurnalis senior itu juga beranggapan bahwa media adalah salah satu pemain penting dalam diplomasi Indonesia di luar negeri.
 
Untuk mempertahankan posisi yang telah diapresiasi oleh Kemenlu RI selama empat tahun ini, Metro TV akan terus memperbaiki mutu siarannya terkait berita-berita internasional.
 
"Mulai 15 Januari nanti akan ada program baru yaitu Dunia Hari Ini, yang akan berisi tentang berita-berita internasional. Sesuai dengan slogan Metro TV yaitu Knowledge to Elevate, kami akan terus memperkaya pengetahuan publik soal diplomasi Indonesia dan peran Indonesia di luar negeri," ungkap Kohar.
 
Beberapa media lain turut mendapat Penghargaan Adam Malik 2018, diantaranya Kompas dalam kategori media cetak, Detik.com media online, dan Elshinta sebagai media radio terbaik. 
 
Sementara itu, Josie Susilo Hardianto dari Harian Kompas menyabet penghargaan Jurnalis Terbaik Adam Malik 2018 dan Aditya Wicaksono sebagai Jurnalis Terbaik Media Online 2018. 
 
Diberikan setiap tahun, Penghargaan Adam Malik merupakan bentuk apresiasi Kementerian Luar Negeri kepada media dan jurnalis yang berpartisipasi aktif dalam memberitakan politik luar negeri Indonesia secara akurat dan berimbang.
 
Pemberian nama Adam Malik Award diambil dari nama menteri luar negeri dan tokoh diplomasi Indonesia, Adam Malik, yang juga merupakan seorang mantan jurnalis.



(FJR)