Putin Sebut Kim Jong-un Pemimpin yang Kompeten

Sonya Michaella    •    Jumat, 12 Jan 2018 07:34 WIB
rusianuklir korea utararudal korut
Putin Sebut Kim Jong-un Pemimpin yang Kompeten
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)

Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin memuji pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, sebagai politisi dan pemimpin yang kompeten dan matang. Bahkan, ia yakin bahwa Kim akan "menang" jika ditandingkan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Komentar ini muncul setelah Trump mengumumkan bahwa dirinya bersedia mengadakan dialog dengan Korut. Sebelumnya, Kim juga bersedia untuk berdialog dengan Korea Selatan yang akhirnya terlaksana pada 9 Januari kemarin di Zona Demiliterisasi.

"Saya yakin Kim Jong-un sudah menang dalam putaran ini," kata Putin, dikutip dari Sky News, Jumat 12 Januari 2018.

"Dia telah menyelesaikan tugasnya. Saya mengapresiasi bahwa Kim mau untuk berdialog. Dia benar-benar kompeten," puji Putin.

Namun, Putin tetap mendesak Kim untuk meredakan ketegangan internasional dengan menyetop program rudal balistik Pyongyang tersebut.

Dunia internasional seakan terkejut ketika di awal tahun 2018, Kim menyatakan kesediaannya untuk berdialog dengan Korsel. Utamanya, dialog ini akan membahas soal partisipasi Korut di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, bulan depan.

Namun, Kim tak memungkiri jika dialog ini membicarakan hal-hal yang selama ini menjadi tembok antara Korut dan Korsel. Bahkan, ia setuju agar Korut dan Korsel berdamai.

Menanggapi dialog pertama Korut dan Korsel setelah dua tahun ini, Trump juga bersedia untuk berdialog dengan Korut, dalam situasi yang tepat. Pernyataan Trump ini juga didukung oleh Presiden Korsel, Moon Jae-in yang juga bersedia bertemu dengan Kim Jong-un. 


(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

22 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA