Partai Gubernur Tokyo Tidak akan Ajukan Kandidat PM

Arpan Rahman    •    Sabtu, 07 Oct 2017 16:50 WIB
politik jepang
Partai Gubernur Tokyo Tidak akan Ajukan Kandidat PM
Gubernur Tokyo Yuriko Koike dalam sebuah konferensi pers Party of Hope, 27 September 2017. (Foto: AFP/TOSHIFUMI KITAMURA)

Metrotvnews.com, Tokyo: Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengatakan partai konservatifnya yang baru tidak akan mengajukan kandidat untuk mengisi jabatan perdana menteri. Pernyataannya membuka peluang bahwa partainya mungkin akan mendukung kandidat PM dari partai penguasa milik Perdana Menteri Shinzo Abe.

Party of Hope pimpinan Koike muncul sebagai penantang serius bagi basis pendukung Partai Liberal Demokrat (LPD) yang menaungi Abe. Namun Koike menegaskan tidak akan menjadikan pemilu mendatang sebagai ajang pertarungan dua partai.

Abe menyerukan snap election atau pemilu yang dimajukan lebih cepat dari jadwal semula pada bulan lalu. Ia berharap pemilu dapat mempertahankan mayoritas LDP di majelis rendah parlemen. 

Kehilangan suara mayoritas akan menjadi pukulan bagi LDP. Kinerja buruk dari LDP juga dapat menekan Abe untuk mengundurkan diri.

Ketika ditanya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Asahi Shimbun, Sabtu 7 Oktober 2017, mengenai apakah partai Koike akan memilih kandidat PM dari jajarannya sendiri, dia menjawab: "Pada dasarnya, tidak."

Kampanye pemilu Jepang akan dimulai secara formal pada 11 Oktober mendatang. Sementara pemilu akan digelar pada 22 Oktober.

Koike, 65, mantan menteri pertahanan dan mantan anggota LDP Abe, mengatakan pada Jumat kemarin bahwa semua opsi tersaji di meja mengenai kandidat mana yang akan didukung partainya nanti untuk mengisi posisi PM.


(WIL)