Duterte Sambut 9 Kepala Negara Anggota ASEAN dan Mitrawicara

Sonya Michaella    •    Senin, 13 Nov 2017 09:39 WIB
ktt asean
Duterte Sambut 9 Kepala Negara Anggota ASEAN dan Mitrawicara
Sesi foto bersama dalam penyambutan kepala negara di KTT ASEAN. (Foto: AFP)

Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyambut sembilan kepala negara anggota ASEAN pada upacara pembukaan KTT ASEAN ke-31 di Pasay, Filipina.

Presiden RI Joko Widodo, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Pemimpin de-facto Myanmar Aung San Suu Kyi, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen hadir di KTT ASEAN ini.

Dikutip dari Sun Star Filipina, Senin 13 November 2017, hadir pula pemimpin negara mitra wicara ASEAN yakni Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Uni Eropa Donald Tusk, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres.

Dalam sebuah pesan yang disampaikan Duterte pada gala dinner malam sebelumnya, ia mengungkapkan optimisme bahwa ia akan melakukan dialog konstruktif dan substansial dengan para pemimpin negara anggota ASEAN dan mitrawicara.

"Sepanjang kepemimpinan Filipina di ASEAN di 2017, Filipina telah berpedoman pada tema, 'Bermitra untuk Perubahan, Melibatkan Dunia,' yang menangkap tekad ASEAN untuk menghasilkan perubahan positif dalam kehidupan masyarakat kita dan menegaskan posisi kita dalam ekonomi global," kata Duterte.

"Saya berharap dapat mengadakan diskusi konstruktif dan substantif dengan para pemimpin negara di sini. Marilah kita mulai dengan nada positif dengan perayaan 50 tahun ASEAN ini," lanjut dia.

Duterte dijadwalkan akan menyampaikan pidato utama pada upacara pembukaan ini. Ia juga akan melakukan pertemuan penting dengan beberapa kepala negara.


(FJR)