Dalam Sehari, India Luncurkan 104 Satelit ke Orbit

Sonya Michaella    •    Kamis, 16 Feb 2017 09:49 WIB
indiasatelit
Dalam Sehari, India Luncurkan 104 Satelit ke Orbit
India pecahkan rekor dengan luncurkan 104 satelit dalam sehari (Foto: Asian Correspondent)

Metrotvnews.com, New Delhi: India berhasil meluncurkan 104 satelit nano asing menuju orbit hanya dalam satu hari pada Rabu 15 Februari kemarin.

Lembaga Penelitian Ruang India atau ISRO menyatakan peluncuran 104 satelit ini adalah rekor, karena berhasil mengalahkan Rusia yang hanya meluncurkan 34 satelit dalam satu hari pada 104 silam.

Satelit nano diluncurkan dari India bagian selatan menuju orbit dengan berat kurang dari 22 pon atau setara dengan 10 kilogram.

"Prestasi ini luar biasa sekali. India memberikan hormat tertinggi kepada para ilmuwannya," kata Perdana Menteri India, Narendra Modi, lewat akun Twitter pribadinya.

Dilansir Asian Correspondent, Kamis (16/2/2017), satelit nano ini ternyata didapat dari sejumlah perusahaan di Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Belanda, Israel dan Kazakhstan.

"Dari 104 satelit nano, 96 di antaranya berasal dari AS, sementara sisanya didistribusikan dari negara lain," ucap pernyataan dari ISRO.

ISRO menegaskan, ini adalah momen besar bagi India. Hari peluncuran satelit tersebut adalah sejarah bagi Negara Anak Benua itu.

ISRO kini tengah mencuri perhatian dunia internasional sejak peluncuran 75 satelit pada 2016 lalu dari Sriharikota di bagian selatan negara bagian Andhra Pradesh.



(FJR)