PM Belanda Sapa Alumni Pelajar RI di Jakarta

Sonya Michaella    •    Rabu, 23 Nov 2016 07:51 WIB
indonesia-belanda
PM Belanda Sapa Alumni Pelajar RI di Jakarta
PM Rutte bersama Menlu Retno menerima banyak ajakan selfie dari alumni pelajar RI yang pernah sekolah di Belanda (Foto: Sonya/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte menyapa alumni pelajar asal Indonesia yang pernah menimba ilmu di Belanda dalam kunjungannya ke Jakarta.

Dalam kunjungannya kali ini ke Jakarta, PM Rutte akan bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo untuk membahas sejumlah isu penting bagi kedua negara, Rabu 23 November atau hari ini.

Memasuki ruang acara, PM Rutte disambut riuh oleh para alumni pelajar Indonesia. PM Rutte tak sendiri, ia didampingi Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, yang pernah menjadi Duta Besar RI untuk Belanda.

"Kedua negara sangat mempunyai hubungan yang erat sekali, terutama di bidang pendidikan. Semua yang ada di sini, adalah duta besar Belanda untuk Indonesia," ujar PM Rutte pada pidatonya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Sebelumnya, PM Rutte sudah pernah mengunjungi Indonesia pada 2013. Tahun ini pun, Jokowi sudah mengunjungi Belanda dan bertemu dengannya.


PM Mark Rutte berbincang dengan Menlu RI Retno Marsudi/MTVN

"Orang-orang seperti anda semua inilah yang membuat hubungan Belanda dan Indonesia semakin erat. Saya harap Belanda dan Indonesia selalu menjadi sahabat," tuturnya.

Sementara, Menlu Retno mengungkapkan kegembiraannya dapat bertemu kembali dengan PM Rutte.

"Selamat datang kembali ke Indonesia. Saya sangat senang dapat bertemu kembali dengan PM Rutte," kata Menlu Retno.

Menlu Retno menganggap people to people contact adalah hal yang sangat penting dalam hubungan Indonesia dan Belanda. Dikatakan, banyak pula pelajar Belanda yang menimba ilmu di Indonesia.

"Kami sadar bahwa ada isu-isu sensitif antara dua negara kami. Tapi kami berhasil mengatasinya dengan komunikasi yang baik," ucap Menlu Retno lagi.



Menlu Retno pun menegaskan sekali lagi bahwa komunikasi adalah kunci dari langgengnya hubungan dua negara seperti komunikasi yang baik yang terjalin antara Belanda dan Indonesia.

Selain dihadiri oleh keluarga Kementerian Luar Negeri RI, acara ini juga dihadiri oleh alumni-alumni pelajar Indonesia yang pernah menuntut ilmu di Belanda.

Lanna, seorang lulusan dari Universitas Leiden mengungkapkan kegembiraannya bisa bertemu PM Rutte.

"Seneng banget. Memang di Belanda juga dia terkenal ramah. Belanda memang seperti rumah bagi orang Indonesia yang belajar atau bekerja di sana," ungkapnya.

Hingga kini, Belanda memang masih menjadi salah satu negara tujuan favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi, seperti Magister atau Doktor.


(FJR)