Annual Meeting IMF-WB 2018

Jokowi: Dukungan ASEAN Membuat Indonesia Kuat

Annisa ayu artanti, Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 12 Oct 2018 10:17 WIB
aseanGempa Donggala
Jokowi: Dukungan ASEAN Membuat Indonesia Kuat
Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong di ASEAN Leaders Gathering, Bali. (Foto: Dok. Kemenlu RI).

Nusa Dua: Presiden Joko Widodo atau Jokowi berterima kasih atas dukungan anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Mereka selalu datang saat Indonesia dihantam sejumlah bencana alam.

"Dukungan kalian membuat kami kuat," kata Jokowi dalam pertemuan ASEAN Leaders Gathering di Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018.

Baca: Lima Saran Presiden Jokowi untuk Kemajuan ASEAN

Jokowi menuturkan Indonesia kini fokus untuk merehabilitasi dan merekonstruksi daerah yang remuk karena bencana. Butuh sedikitnya dua tahun untuk memulihkan kehidupan di daerah yang terkena bencana.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia bekerja keras untuk membantu para korban dan keluarganya. Saat ini, kami masih fokus pada penanganan tanggap darurat dan mudah-mudahan dalam satu atau maksimum dua bulan tanggap daruraat bisa kita selesaikan," tuturnya.

Gempa dan tsunami yang menghantam Sulawesi Tengah akhir bulan lalu menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Sementara itu, dari keterangan di lapangan, lebih dari 2 ribu orang ditemukan tewas dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Indonesia juga membuka bantuan internasional untuk para korban. Namun, bantuan tersebut harus sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Indonesia.

Baca: Update: Jumlah Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

Hingga saat ini, pencarian korban masih terus dilakukan. Program pemulihan bencana juga sudah diberikan. Diharapkan dengan program tersebut Sulawesi Tengah bisa pulih dengan cepat dan kembali normal.


(FJR)