Kim Segera Bertemu Presiden Tiongkok dan Rusia

Willy Haryono    •    Senin, 08 Oct 2018 12:19 WIB
korea utarakorea selatan
Kim Segera Bertemu Presiden Tiongkok dan Rusia
Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. (Foto: AFP)

Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meyakini pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan segera bertemu Presiden Tiongkok dan juga Rusia. Rencana pertemuan merupakan bagian dari upaya diplomatik dalam menurunkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Pernyataan disampaikan Moon usai Kim sepakat menggelar pertemuan kedua dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Kim mengaku sepakat usai bertemu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Pyongyang pada Minggu kemarin.

Baca: Pompeo dan Kim Jong-un Bahas Kelanjutan KTT Singapura

"Terlepas dari KTT kedua AS-Korut, Ketua Kim Jong-un akan berkunjung ke Rusia dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan ke Korut dalam waktu dekat," ucap Moon dalam sebuah rapat kabinet, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Senin 8 Oktober 2018.

Moon menambahkan kemungkinan adanya pertemuan antara Kim dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga masih "terbuka." 

Kim dan Xi telah tiga kali bertemu di Tiongkok tahun ini. Keduanya berusaha mencari cara untuk memperbaiki hubungan dua negara atas aktivitas nuklir dan sanksi ekonomi.

Terkait Rusia, Kim belum pernah bertemu Presiden Vladimir Putin, yang sebelumnya telah mengundangnya untuk datang ke Moskow.

Sementara Jepang secara historis selalu bersikap keras terhadap Korut. Namun belakangan, PM Abe mengekspresikan ketertarikannya untuk bertatap muka langsung dengan Kim.

Pompeo mengatakan usai dari Jepang dan Korut, dirinya bertolak menuju Tiongkok di hari terakhir tur Asia. Di sana, Peompeo berencana mendiskusikan "denuklirisasi menyeluruh" di Semenanjung Korea.

KTT pertama Kim dan Trump berlangsung di Singapura pada Juni lalu. Keduanya sepakat berusaha mencapai denuklirisasi, meski detail-detailnya tidak disebutkan.


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

49 minutes Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA