Indonesia Tinjau Kesiapan Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Sonya Michaella    •    Selasa, 11 Dec 2018 18:01 WIB
aseanindonesia-timor leste
Indonesia Tinjau Kesiapan Timor Leste Jadi Anggota ASEAN
Jose Tavares (kiri) di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Selasa 11 Desember 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Keinginan Timor Leste untuk menjadi anggota ke-11 dari ASEAN masih terhambat. Namun, Indonesia akan terus mengusahakan agar Timor Leste bisa menjadi anggota.

"Tim Duta Besar RI untuk ASEAN Ade Padmo dan CPR sudah mengunjungi Timor Leste untuk meninjau kesiapan mereka menjadi anggota," kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Jose Tavares Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

"Ke depannya, kami akan mengajak Timor Leste ke pertemuan-pertemuan non-decision making," lanjut dia.

Indonesia membantu dari segi pembangunan, baik infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia. Tak hanya itu, Indonesia juga membantu untuk pembangunan berkelanjutan di Timor Leste.

Baca: Indonesia Terus Bantu Timor Leste untuk Masuk ASEAN

Sebelumnya, ucap dia, Timor Leste juga pernah diundang ASEAN untuk hadir di sebuah pertemuan soal maritim di Manila, Filipina. Menurut Jose, Timor Leste pun memberikan ide-ide yang cukup bagus dan bisa ditampung.

Meski demikian, upaya masuknya Timor Leste ke ASEAN masih terganjal satu negara yang tidak setuju. Sedangkan, masuknya Timor Leste harus disetujui oleh seluruh kepala negara anggota ASEAN.

"Usaha kita ya kita terus melakukan pendekatan dan penjelasa mengapa Timor Leste juga berhak masuk ke ASEAN, karena mereka juga berada di kawasan Asia Tenggara," tutur Jose.

Selain itu, dengan masuknya Timor Leste, ASEAN dianggap juga bisa membantu perkembangan negara tersebut. Timor Leste juga nantinya diharapkan bisa memberikan sejumlah masukan baru untuk ASEAN.



(WIL)