Putri Jepang Resmi Bertunangan dengan Warga Sipil

Sonya Michaella    •    Senin, 04 Sep 2017 12:21 WIB
jepang
Putri Jepang Resmi Bertunangan dengan Warga Sipil
Putri Mako dan tunangannya, Kei Komuro. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Putri Mako dari Istana Kekaisaran Jepang akhirnya bertunangan dengan kekasihnya, yang seorang warga sipil biasa, Kei Komuro, 3 September kemarin.

Awalnya, pertunangan akan digelar pada Juli. Namun, pasangan tersebut memutuskan untuk menunda karena adanya bencana banjir yang menimpa wilayah Jepang Selatan.

Dikutip Channel News Asia, Senin 4 September 2017, seorang pejabat dari Istana Kaisar mengatakan, pernikahan mereka akan dilangsungkan setelah musim panas tahun depan.

Putri Mako, yang merupakan cucu tertua Kaisar Akihito, secara otomatis akan dilepas gelar kebangsawanannya ketika nantinya menikah dengan Komuro.

"Saya sudah sadar sejak kecil bahwa saya akan meninggalkan gelar kerajaan begitu saya menikah," kata Putri Mako dalam konferensi pers yang disiarkan stasiun televisi Jepang.

"Di saat saya bekerja membantu Kaisar, saya berusaha memenuhi dan melaksanakan tugas saya sebaik-baiknya," lanjut dia.

Kei Komuro, pria pilihan Putri Mako, adalah seorang pria biasa yang saat ini bekerja di biro hukum. Dikabarkan, mereka telah menjalin hubungan sejak 2012, saat sama-sama belajar di sebuah universitas internasional di Tokyo.

Pilihan Putri Mako ini sudah disetujui oleh ayahnya, Pangeran Akishino dan sang ibu, Putri Kiko. 

Ini bukan pertama kalinya salah satu keluarga Jepang rela melepaskan gelarnya demi menikah dengan warga sipil. Pada 2005, Putri Sayako, yang merupakan bibi Putri Mako, meninggalkan kerajaan dan menikah dengan seorang perencana kota.


(WIL)