Topan Chaba Hantam Korsel, WNI dalam Kondisi Aman

Fajar Nugraha    •    Kamis, 06 Oct 2016 17:53 WIB
topan badai
Topan Chaba Hantam Korsel, WNI dalam Kondisi Aman
Imbas Topan Chaba yang melanda Korsel (Foto: M. Aji Surya)

Metrotvnews.com, Seoul: Topan Chaba menghantam wilayah Korea Selatan (Korsel) sejak Rabu 5 Oktober. Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Korsel dilaporkan aman.
 
"Sejak Kemarin KBRI Seoul terus memantau perkembangan dari dampak Topan Chaba yang mengamuk di bagian Selatan Korea," ujar pejabat Konsuler KBRI Seoul, M Aji Surya, dalam keterangan yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (6/10/2016).
 
"Kita berkomunikasi dengan teman-teman di Jeju. Dikabarkan bahwa tambak-tambak yg menjadi lahan pekerjaan para TKI nyaris ludes disapu sang topan. Beberapa bangunan juga runtuh. Namun sejauh ini tidak terdengar adanya korban dari WNI," tutur Aji.
 
Topan juga melanda daerah pantai Tongyeong, dekat Kota Busan. Akibat topan ini hampir semua TKI yang bekerja sebagai nelayan tidak melaut. 
 
"Ombaknya tinggi dan anginnya kencang," ujar seorang TKI. 
 
Aji menambahkan, tim Konsuler KBRI Seoul mengontak pemerintah setempat untuk mengetahui apakah ada korban WNI. "Sampai siang tadi ternyata nihil," pungkasnya.


Imbas Topan Chaba (Foto: M. Aji Surya)
 
Hal serupa juga dituturkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir. Arrmanatha menyebutkan bahwa hingga kini belum ada WNI (jadi korban). 
 
"Seperti biasa kbri kita dan kantor di Korsel juga terus melakukan upaya yang berhubungan dengan WNI di sana. (Jika) ada perkembangan kita sampaikan," tegas Arrmanatha.
 
KBRI Seoul pun menegaskan akan terus berjaga untuk melihat perkembangan yang ada. Bila diperlukan Akan dikirim satu tim ke Pulau Jeju guna mengetahui masalah yang terjadi di lapangan. 

(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA