SBY Tetap Mendukung Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Sep 2016 18:53 WIB
diplomasi luar negeri
SBY Tetap Mendukung Timor Leste Jadi Anggota ASEAN
Mantan Presiden SBY dan Xanana Gusmao di acara FPCI (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mendukung agar Timor Leste menjadi anggota ASEAN yang ke-11.
 
"Saya sudah memperjuangkan hal itu sejak 2012 agar Timor Leste segera bergabung dengan ASEAN," kata SBY pada acara FPCI di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).
 
SBY berbicara di depan mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao yang juga hadir dalam forum internasional terbesar versi MURI ini.
 
"Semoga tak terlalu lama ditunda proses Timor Leste masuk ke ASEAN. Timor Leste adalah kawan dan saudara kita," ungkapnya lagi.
 
Ia pun menambahkan bahwa peran ASEAN sangat penting dalam dunia internasional, termasuk di kawasan Asia sendiri.
 
"ASEAN sebagai penengah sangat berhasil menciptakan kestabilan dan perdamaian di tengah-tengah sengketa Laut China Selatan," ujarnya lagi.
 
Ketegangan perairan strategis ini, kata dia, memang sangat pelik dan rumit. Namun, ASEAN berhasil meredam negara-negara yang bersengketa yang di mana juga bersekutu dengan negara-negara besar untuk tidak perang.
 
"Tidak masuk akal jika ASEAN dianggap diam saja dan tak mengeluarkan pendapat terkait Laut China Selatan. Justru, ASEAN meredam perang," tegas SBY lagi.
 
ASEAN tanpa berpihak, selalu mengobarkan semangat keamanan dan stabilitas di Laut China Selatan.
 
Tak dipungkiri, empat negara anggotanya adalah negara yang bersengketa dengan Tiongkok, yaitu Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei Darusalam.



(FJR)