Sebelum Temui Kim, Trump Telepon Presiden Korsel

Sonya Michaella    •    Selasa, 12 Jun 2018 08:28 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Sebelum Temui Kim, Trump Telepon Presiden Korsel
Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) dan Presiden AS Donald Trump saat bertemu di Oval Office, Mei 2018. (Foto: AFP)

Singapura: Malam sebelum bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyempatkan diri menelepon Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in.

Kantor kepresidenan Korsel, Gedung Biru, menyatakan bahwa Trump menelepon Moon sekitar malam hari. Namun, Gedung Biru tak memberikan rincian lebih lanjut.

"Presiden Moon hanya mengatakan, jika KTT AS-Korut ini berhasil, maka akan menjadi hadiah bagi dunia," kata juru bicara Gedung Biru Kim Eui-kyeom, dikutip dari Channel News Asia, Selasa 12 Juni 2018.

"Presiden Moon dan Presiden Trump menyepakati bahwa diskusi dengan Kim Jong-un merupakan diskusi yang jujur," lanjut dia.

Baru saja Trump dan Kim bertemu untuk pertama kalinya di Singapura. Mereka pun terlihat berjabat tangan dengan hangat meski tanpa senyuman.

Namun ketika berjalan memasuki ruangan pertemuan, Trump terlihat mengajak bicara Kim dan Kim pun membalasnya dengan menyertai senyuman.

Menurut agenda, Trump dan Kim akan bertemu selama 45 menit dengan didampingi penerjemah. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dan makan siang bersama delegasi kedua negara. 


(FJR)