AS Tawarkan Jaminan Keamanan untuk Korea Utara

Sonya Michaella    •    Senin, 11 Jun 2018 17:32 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
AS Tawarkan Jaminan Keamanan untuk Korea Utara
Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Singapura: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menawarkan jaminan keamanan "unik" untuk Korea Utara (Korut) jika negara tersebut sepakat untuk memulai denuklirisasi.

"Kami menawarkan jaminan keamanan asal Korut bersedia denuklirisasi lengkap," ujar Pompeo, dikutip dari AFP, Senin 11 Juni 2018.

"Kami tidak akan lagi berkompromi kali ini. Administrasi Presiden Donald Trump hanya akan menerima denuklirisasi lengkap," lanjut dia.

Sebagai imbalannya, AS akan menjamin keamanan bagi Kim Jong-un dan warga Korut serta rasa nyaman bahwa denuklirisasi bukanlah sesuatu yang berakhir buruk bagi mereka.

"Justru sebaliknya. Denuklirisasi mengarah ke masa depan yang lebih cerah dan lebih baik bagi warga Korut," ucap mantan Direktur CIA ini.

Pompeo juga sangat optimistis bahwa pertemuan besok antara Trump dan Kim akan menghasilkan sebuah kesepakatan yang sangat baik.

"Hanya dua orang tersebut yang bisa membuat keputusan sebesar ini. Kami sangat semangat untuk bertemu dengan Korut," tuturnya.

Kehadiran Trump dan Kim di Singapura merupakan titik balik yang luar biasa dalam hubungan kedua negara. Sebelumnya sepanjang 2017, kedua pemimpin melontarkan retorika saling ancam. Trump sempat menyebut Kim sebagai sosok pemarah dan Kim menilai Trump sebagai warga AS yang sakit secara mental.
 
KTT ini meningkatkan harapan menuju kesepakatan damai yang bisa mengakhiri Perang Korea secara penuh. Sejak usai Perang Korea 1953, Korut dan Korsel pada dasarnya masih dalam status gencatan senjata.
 
Tetapi Korut meminta jaminan keamanan yang belum dispesifikasi secara jelas. Belum diketahui konsesi yang diberikan kepada Korut jika mereka mau mengakhiri program nuklir. 


(WIL)