Menlu Singapura Sambangi Korut Jelang Pertemuan Kim-Trump

Fajar Nugraha    •    Kamis, 07 Jun 2018 15:07 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Menlu Singapura Sambangi Korut Jelang Pertemuan Kim-Trump
?Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: AFP).

Singapura: Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengunjungi Korea Utara (Korut), menjelang pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un. Pertemuan akan dilaksanakan di Singapura pada 12 Juni.

Baca juga: Korut Diragukan akan Setujui Denuklirisasi.

 Pekan lalu, Balakrishnan pergi ke Washington untuk melakukan koordinasi sebelum pertemuan. Di Pyongyang, Balakrishnan akan bertemu dengan Menlu Korut Ri Yong Ho dan Presiden Majelis Tinggi Rakyat Korut Kim Yong Nam.
 
"Jelas sekali bahwa kami mengharapkan ketegangan yang mereka dan meningkatkan prospek perdamaian demi Korea Utara sendiri. Tentunya Korut bisa meningkatkan kemampuan ekonominya," ujar Balakrishnan, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis 7 Juni 2018.
 
"Namun satu pertemuan tidak bisa menjadi pemecahan masalah seluruh situasi di Semenanjung Korea," jelasnya.
 
AS dan Korut sepakat pada Mei lalu menjadikan Singapura sebagai tempat pertemuan pertama dari kedua pemimpinan. Gedung Putih memilih Singapura karena bisa memastikan keamanan dari kedua pemimpin dan menjadi wilayah netral.
 
Balakrishnan juga menyebutkan bahwa AS lah yang meminta Singapura untuk menjadi tuan rumah pertemuan. Singapura sendiri memiliki hubungan diplomatik baik dengan Amerika Serikat dan Korea Utara.
 


(FJR)