Australia dan Timor Leste Capai Kesepakatan Batas Maritim

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Sep 2017 12:48 WIB
politik australiapolitik timor leste
Australia dan Timor Leste Capai Kesepakatan Batas Maritim
Aktiviitas penambangan minyak di Laut Timor. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Canberra: Australia dan Timor Leste telah mencapai sebuah kesepakatan historis, yang menyelesaikan sengketa maritim di Laut Timor melalui proses konsiliasi. 

Menurut pernyataan dari pengadilan arbitrase permanen di Copenhagen, Sabtu 2 September 2017, perjanjian mengklarifikasi status hukum ladang gas Greater Sunrise, dan mendirikan sebuah rezim untuk mengembangkan dan berbagi keuntungan dari sumber daya alam. 

Sengketa atas Laut Timor melibatkan sejumlah ladang minyak, yang diestimasi memiliki nilai ekonomi hingga USD53 miliar. 

Detail dari perjanjian masih dirahasiakan, sementara Australia dan Timor Leste meresmikan kesepakatan dan menyelesaikan "isu-isu tersisa dan poin-poin" lainnya.

"Kedua kubu sepakat bahwa perjanjian yang tercapai pada 30 Agustus 2017 menandai pencapaian signifikan dalam hubungan antar mereka dan persahabatan historis antar Timor Leste dan Australia," ucap pernyataan dari Copenhagen, seperti dilansir Guardian, Minggu 3 September 2017. 

Mantan Presiden Timor Leste dan kepala delegasi Xanana Gusmao berterima kasih kepada pengadilan Copenhagen atas bantuannya menyelesaikan "proses panjang dan sulit untuk menggapai mimpi kami atas kedaulatan penuh, dan juga menyelesaikan sengketa maritim dengan Australia."

"Ini adalah perjanjian historis dan menandai dimulainya era baru dalam persahabatan Timor Leste dengan Australia," sambung dia.



(WIL)