Korsel Curigai Korut sedang Bersiap Luncurkan Misil ICBM

Arpan Rahman    •    Senin, 04 Sep 2017 18:29 WIB
rudal korut
Korsel Curigai Korut sedang Bersiap Luncurkan Misil ICBM
Foto dari kantor berita KCNA memperlihatkan misil ICBM milik Korut, Hwasong-14. (Foto: KCNA VIS KNS)

Metrotvnews.com, Seoul: Kementerian Pertahanan Korea Selatan mencurigai Korea Utara sedang mempersiapkan peluncuran rudal terbaru.

Menurut Seoul, seperti dikutip Associated Press, Senin 4 September 2017, rudal itu bisa saja adalah misil antarbenua atau ICBM. 

Tujuan dari peluncuran itu, kata Korsel, adalah memamerkan kemampuan Korut yang diklaim dapat menghancurkan daratan utama AS dengan senjata nuklir. 

Chang Kyung-soo, pejabat Kementerian Pertahanan Korsel, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa pihaknya saat ini sedang melihat persiapan Korut untuk melakukan uji coba terbaru ICBM. 

Namun, Kemenhan Korsel tidak memberi rincian bagaimana pihaknya bisa mengetahui Korut tengah mempersiapkan peluncuran ICBM. 

Sementara itu dalam serangkaian cuitan di Twitter, Presiden AS Donald Trump mengancam untuk menghentikan perdagangan dengan semua negara yang berbisnis dengan Korut.

Sebagian pihak menilai itu sebagai sebuah peringatan terselubung terhadap Tiongkok, sekutu utama Pyongyang.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok telah mengeluarkan protes nota diplomatik terhadap Korut. Protes dilayangkan atas uji coba nuklir terbaru Korut pada akhir pekan kemarin. 

"Tiongkok menentang Korut dalam melakukan pengembangan nuklir dan kami berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung.

Posisi ini sudah diketahui dan Korut juga mengetahui posisi Tiongkok," imbuh juru bicara Kemenlu Tiongkok Geng Shuang.

 


(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA