Kemenlu RI-MA Sepakati 3 Kerja Sama Hukum Perdata Internasional

Sonya Michaella    •    Rabu, 20 Feb 2019 11:57 WIB
perlindungan wni
Kemenlu RI-MA Sepakati 3 Kerja Sama Hukum Perdata Internasional
Penandatanganan kerja sama antara Kemenlu dan Mahkamah Agung. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella).

Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI dan Mahkamah Agung menyepakati tiga perjanjian kerja sama hukum perdata. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu kasus hukum Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. 

Tiga perjanjian kerja sama tersebut adalah Perjanjian Kerja Sama Prosedur Operasional Standar Penanganan Rogatori, Perjanjian Kerja Sama Permintaan Rogatori dari Pengadilan Asing dan Perjanjian Kerja Sama Format Standar Bukti Penerimaan Dokumen Peradilan dalam Masalah Perdata.

Sejak 2018, telah dibentuk pula unit khusus yang bertugas terkait hukum perdata internasional, termasuk untuk menangani permintaan bantuan teknis hukum perdata lintas negara. Pasalnya, semakin banyak perkara lintas negara yang melibatkan WNI.

“Komunikasi antarbadan peradilan antarnegara dilakukan melalui jalur diplomatik, yaitu Kemenlu RI,” kata Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu RI Damos Agusman, di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Pengadilan Indonesia dan Mahkamah Agung, lanjut dia, kerap membutuhkan suatu bukti dokumen dari luar negeri. Komunikasi inilah yang dilakukan oleh Kemenlu RI ke pengadilan asing untuk meminta dokumen tersebut.

“Kemenlu RI mengambil peran supaya proses peradilan itu berjalan sesuai keadilan dan memenuhi semua kriteria. Surat itu namanya Rogatori,” ucap Damos.

Sementara itu, antara Kemenlu RI dan MA telah terdapat sistem rogatori online. Damos menambahkan, semua teknologi dimanfaatkan demi kelancaran proses.


(FJR)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA