Sekjen PBB Nilai Forum BDF Penting untuk Menghadapi Konflik

Sonya Michaella    •    Kamis, 07 Dec 2017 13:38 WIB
bdf
Sekjen PBB Nilai Forum BDF Penting untuk Menghadapi Konflik
Sekjen PBB Antonio Guterres sampaikan pesan melalui video dalam BDF ke-10 (Foto: AFP).

Tangerang: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan pesan untuk penyelenggaraan Bali Democracy Forum ke-10, hari ini, lewat sebuah video.
 
 
Guterres menyebutkan bahwa forum seperti BDF ini sangat penting adanya untuk terus diselenggarakan, karena sangat berguna untuk menghadapi konflik yang ada saat ini.
 
"Semua memiliki peran untuk dimainkan, seperti demokrasi dan prinsip inklusif, keterbukaan, dan dialog adalah kunci untuk menjamin perdamaian dan keberlanjutan pembangunan," ujar Guterres dalam video yang diputar di pembukaan BDF X di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 7 Desember 2017.
 
"Selain itu ada pula representasi yang harus ditingkatkan, memperkuat masyarakat sipil, pemberdayaan perempuan. Semua peran itu harus dimainkan sesuai peraturan hukumnya," lanjut dia.
 
Guterres pun berharap agar diskusi-diskusi yang ada di dalam BDF ini dapat berguna bagi negara-negara yang hadir dan memahami apa arti demokrasi.
 
BDF tahun ini dihadiri oleh Presiden Nauru, Baron Waqa. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla resmi membuka gelaran BDF ke-10 ini dengan pidatonya soal demokrasi yang harus ada di setiap negara.
 
Yang spesial di satu dekade BDF ini, akan ada panel konferensi untuk para pelajar dari berbagai negara yang diundang. 
 
BDF adalah sebuah sarana bagi negara-negara Asia Pasifik untuk saling berbagi pengalaman demokrasi guna menciptakan masyarakat yang lebih demokratis.



(FJR)