Awak Kapal Nelayan Jepang yang Hilang di Filipina Ditemukan

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 23 Nov 2017 10:29 WIB
kecelakaan kapalperlindungan wni
Awak Kapal Nelayan Jepang yang Hilang di Filipina Ditemukan
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Palau: Awak kapal nelayan Jepang yang dinyatakan hilang di perairan Palau sudah ditemukan. Penjaga pantai Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa para awak kapal tersebut ditemukan dalam kondisi aman dan sehat.

(Baca: Bangkai Kapal Jepang Ditemukan Kondisi 5 WNI Tak Diketahui).

Dilansir dari laman AFP, Kamis, 23 November 2017, kapal Gyotoku Maru No.1 ini sebelumnya ditemukan hanyut sejauh 350 kilometer dari lepas pantai Palau pada Senin lalu setelah mengirim pesan darurat.

"Kami sangat lega orang-orang ini selamat dan kembali ke daratan," ujar koordinator pencarian Letnan Komandan Josh Empen.

Sebelumnya, nasib tujuh awak kapal yang terdiri dari lima warga Indonesia dan dua warga Jepang, tak diketahui. Mereka menghilang usai kapalnya terbalik di perairan Palau.

Pencarian internasional diluncurkan, sejumlah kapal, termasuk satu dari Universitas Perikanan Nasional Jepang, ikut serta dalam pencarian. Tokyo juga meminta bantuan Guam untuk turut serta mencari ketujuh kru.

Empen menghaturkan terima kasih kepada mereka yang terlibat dalam pencarian ini.

Sementara itu, penjaga pantai mengatakan, kapal pukat tersebut bertabrakan dengan kapal penangkap ikan lain dan kemudian menyelamatkan pelaut yang tertimpa kapal itu. Kapal nelayan lain itulah yang kemudian membawa mereka kembali ke Filipina.


(FJR)