Korut Rayakan 20 Tahun Kim Jong Il Pimpin Partai Buruh

Sonya Michaella    •    Senin, 09 Oct 2017 14:40 WIB
korea utara
Korut Rayakan 20 Tahun Kim Jong Il Pimpin Partai Buruh
Perayaan 20 tahun Kim Jong Il jadi Sekjen Partai Buruh Korea. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Korea Utara (Korut) baru saja merayakan peringatan 20 tahun masa kepemimpinan Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un menjadi Sekretaris Jenderal Partai Buruh.

Dalam peringatan tersebut, warga Korut berjanji untuk menegakkan warisan dari Jong Il yaitu semangat melawan Amerika Serikat dan membangun sebuah negara sosialis yang kuat.

Dikutip dari AFP, Senin 9 Oktober 2017, sekitar 100 ribu orang, termasuk para pejabat tinggi, berkumpul di ibu kota untuk menyaksikan upacara peringatan ini. Malam harinya, digelar upacara kembang api. 

Kim Jong-il, putra pendiri Korut Kim Il-sung, terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh Korea (WPK) yang berkuasa pada 1997 dan memerintah negara tersebut sampai akhirnya dia meninggal pada Desember 2011.

Choe Ryong-hae, wakil ketua partai tersebut, menekankan tujuan dari pemimpin saat ini adalah persenjataan nuklir dan pembangunan ekonomi.

Dia berharap agar Korut dapat memenangkan "pertarungan terakhir" melawan AS dan mengatasi situasi saat ini yang sangat bergejolak.

Masih dalam acara yang sama, Jong Un mengangkat adik perempuannya yang bernama Kim Yo Jong menjadi anggota politbiro atau badan pembuat keputusan tertinggi Korut.

Pengangkatan Yo Jong menggeser posisi bibi mereka, Kim Kyong Hui, sebagai pembuat keputusan negara ketika Kim Jong Il masih memerintah. Kyong Hui merupakan adik dari Jong Il, ayah Jong Un, dan merupakan salah satu sosok yang masuk lingkaran utama rezim Kim di Korut.

Selain adik kandungnya, Jong Un juga mengangkat Kim Jong Sik dan Ri Pyong Chol, dua orang yang berpengaruh dalam pembuatan roket rudal Korut.

Tak hanya mereka bertiga, Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho juga diangkat menjadi anggota dewan politbiro di mana ia akan menjadi salah satu orang yang berhak mengambil keputusan di Pyongyang.





(WIL)