Jepang akan Bantu Rekonstruksi Kota Marawi

Willy Haryono    •    Selasa, 31 Oct 2017 14:51 WIB
filipinaterorisme di filipina
Jepang akan Bantu Rekonstruksi Kota Marawi
PM Jepang Shinzo Abe (kanan) dan Presiden Filipina Rpdrigo Duterte dalam konferensi pers gabungan di Tokyo, 30 Oktober 2017. (Foto: AFP/TOSHIFUMI KITAMURA)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang berjanji membantu pembangunan kembali kota Marawi yang hancur berantakan akibat pertempuran pasukan Filipina melawan grup militan simpatisan Islamic State (ISIS) sejak beberapa bulan terakhir.

Janji disampaikan Perdana Menteri Shinzo Abe dalam pernyataan gabungan bersama Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Tokyo. 

"Pemerintah Jepang menyadari bahwa rehabilitasi dan rekonstruksi kota Marawi adalah sesuatu yang sangat penting," ujar PM Abe, seperti dikutip Asian Corresponent, Selasa 31 Oktober 2017. 

Pekan lalu, Duterte mengumumkan berakhirnya perang melawan militan di kota Marawi yang berlangsung lebih kurang lima bulan. Sebagian besar Marawi hancur, dan 300 ribu warganya mengungsi ke tempat lain. 

Bantuan yang akan diberikan Jepang beragam, mulai dari infrastruktur kereta api hingga sistem pertahanan di beberapa sungai. Jepang juga kemungkinan menggelontorkan dana pinjaman hingga USD5,3 miliar untuk pengembangan sistem bawah tanah di Manila. 

Pertemuan di Tokyo adalah kesempatan bagi PM Abe untuk mendiskusikan keamanan di Asia, menjelang beberapa pertemuan penting seperti APEC yang digelar di Vietnam pada November mendatang.

"Saya mengonfirmasi dengan Presiden Duterte bahwa negara kami adalah negara maritim yang memiliki kesamaan nilai dan kepentingan strategis," tutur PM Abe. 

Kedua negara, tambah dia, akan membicarakan beragam isu, termasuk Korea Utara dan "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

 


(WIL)