Peran AHA Centre Diapresiasi Banyak Pihak

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 14 Nov 2017 13:18 WIB
ktt asean
Peran AHA Centre Diapresiasi Banyak Pihak
KTT ASEAN turut menyoroti peran AHA Centre untuk menangani bencana (Foto: AFP).

Manila: ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre) mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres.

Dalam video yang diterima Metrotvnews.com, Selasa, 14 November 2017, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa AHA Center juga merupakan salah satu isu yang dibawa Indonesia pada beberapa pertemuan di KTT ke-31 ASEAN di Manila, ibu kota Filipina.

"Sekjen PBB mengatakan pada negara ASEAN yang secara konstruktif, aktif menangani masalah ini (Rakhine State) dan juga memberikan apresiasi pada AHA Centre," ujar Menlu Retno.

Retno mengatakan, Indonesia meminta agar AHA Centre mendapat dukungan penuh dari para negara-negara anggota ASEAN. Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan pemerintah Negeri Sakura tersebut.

"Jepang adalah salah satu mitra strategis dan mitra wicara pertama ASEAN. Secara khusus, saya ingin sampaikan apresiasi atas kontribusi Jepang terhadap AHA Center," kata Presiden Jokowi.

Karenanya, Jokowi mendorong agar organisasi tersebut terus diperkuat, termasuk ketersediaan sumber dayanya. Jokowi juga mengungkapkan harapannya Jepang akan tetap memberikan dukungan bagi AHA Centre.

Menurut Presiden, AHA Center telah berupaya membantu pemulihan Kota Marawi di Filipina yang berantakan karena pertempuran Angkatan Bersenjata Filipina dengan kelompok militan Maute dan juga membantu mengatasi krisis kemanusiaan Rohingya di Rakhine State.



(FJR)