Telan 60 Paket Kokain, Wanita Pantai Gading Ditangkap

Willy Haryono    •    Jumat, 29 Dec 2017 18:06 WIB
narkotika internasional
Telan 60 Paket Kokain, Wanita Pantai Gading Ditangkap
Paket kokain yang dikeluarkan dari perut seorang wanita Pantai Gading di Phuket, Thailand, 29 Desember 2017

Phuket: Seorang perempuan berusia 27 tahun asal Pantai Gading ditangkap di sebuah bandara di Phuket, Thailand, usai pemeriksaan Sinar-X memperlihatkan lebih dari satu kilogram kokain berada di perutnya. Kokain itu dibungkus dalam beberapa paket kecil. 

Perempuan itu dihentikan petugas keamanan pada Rabu malam di Bandara Internasional Phuket usai tiba dari Doha, Qatar. 

Menurut Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Narkotika Thailand Sirinya Sitdhicai, sinar-X memperlihatkan 60 paket kecil kokain berada di dalam perut wanita itu. Ia menduga 60 paket itu hendak dikirim ke beberapa orang di Bangkok.

"Berbeda dari methamphetamine, kokain dan ice (sabu kristal) biasanya ditujukan untuk pelanggan yang kaya raya," tutur Sitdhicai kepada AFP, Jumat 29 Desember 2017. 

Dia mengatakan bandar-bandar di Afrika Barat biasanya menyewa wanita Afrika atau Asia sebagai pengedar untuk menyelundupkan narkoba ke Thailand. Para pengedar ini biasanya tiba di bandara-bandara kecil di luar Bangkok, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke ibu kota via jalur darat. 

Thailand, negara dengan total warga berjumlah 68 juta orang, menduduki peringkat keenam dalam populasi tertinggi penghuni penjara. Ini dikarenakan Thailand memberlakukan aturan ketat kasus narkoba sejak lebih dari satu dekade lalu. 

Namun peredaran narkoba di Thailand masih tetap tinggi. Narkoba paling populer di negara monarki itu adalah sabu yang dikonsumsi dalam bentuk tablet bernama "yaba."

Pil tersebut, dan "ice" sebagai varian sabu yang lebih kuat, dibuat di sejumlah lab narkoba di Zona Segitiga Emas di mana wilayah Thailand utara bersinggungan dengan Myanmar dan Laos.


(WIL)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA