Duterte ke Tanah Abang, Karakteristik Indonesia Jelas Terwakili

Sonya Michaella    •    Jumat, 09 Sep 2016 17:40 WIB
indonesia-filipina
Duterte ke Tanah Abang, Karakteristik Indonesia Jelas Terwakili
Presiden Filipina Rodrigo Duterte sambangi Pasar Tanah Abang (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Pasar Tanah Abang membuat para masyarakat antusias, tak terkecuali Direktur PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin.
 
Presiden Jokowi mengunjungi Tanah Abang bersama Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Tahun lalu, Jokowi juga sempat membawa Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull blusukan ke Tanah Abang.
 
"Pihak Istana juga tidak memberikan alasan kenapa Tanah Abang dipilih untuk kunjungan ini, karena mungkin memang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara," ujar Arief ketika ditemui seusai kunjungan Jokowi dan Duterte, di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (9/9/2016).
 
Arief mengakui bahwa Jokowi memang sering ke Tanah Abang. Pada saat blusukan siang tadi, Jokowi juga sempat membeli dua potong baju di sebuah los pakaian di lantai dua Tanah Abang.
 
"Karakteristik Indonesia dan produknya juga ada di sini. Ada rencana akan memperbanyak produk untuk diekspor," tuturnya kembali.
 
Arief menuturkan, turnover Tanah Abang mencapai Rp40 miliar per harinya. "Tanah Abang termasuk yang paling besar di ASEAN," ucapnya.
 
Ia menilai bahwa Jokowi sengaja membawa Duterte ke Tanah Abang untuk memperkenalkan grosir terbesar di Asia Tenggara ini sengaja untuk memperkenalkan tekstil Indonesia.
 
"Ini seperti ada peluang ekspor dan impor antara Indonesia-Filipina lebih besar lagi," pungkasnya.
 
Saat ini, Duterte telah diterima Jokowi di Istana Negara selepas dari Pasar Tanah Abang. Kedua pemimpin negara ini akan melakukan pertemuan bilateral dan membahas masalah-masalah terkait.



(FJR)