Korut Uji Mesin Roket, Menlu AS Temui Presiden Tiongkok

Willy Haryono    •    Minggu, 19 Mar 2017 11:19 WIB
korea utarapemerintahan as
Korut Uji Mesin Roket, Menlu AS Temui Presiden Tiongkok
Menlu AS Rex Tillerson (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, 19 Maret 2017. (Foto: AFP/LINTAO ZHANG)

Metrotvnews.com, Beijing: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson menemui Presiden Tiongkok Xi Jinping, Minggu 19 Maret 2017, beberapa jam setelah Korea Utara (Korut) melakukan uji coba mesin roket terbaru.

Kantor berita nasional Korut, KCNA, melaporkan bahwa Pyongyang baru saja menguji coba mesin berteknologi tinggi yang disebut Kim Jong-un sebagai "kelahiran baru" di bidang industri roket. 

Uji coba dilakukan bertepatan dengan kunjungan Tillerson ke Beijing, yang berniat menambah tekanan kepada Korut atas program nuklir dan misil balistik. 

Setelah berbincang-bincang dengan Menlu Tiongkok Wang Yi pada Sabtu, Tillerson mengingatkan bahwa ketegangan di Asia, terutama di Semenanjung Korea, sudah mencapai "level berbahaya."

Kedua diplomat bertekad bekerja sama untuk melucuti program nuklir rezim Kim Jong-un, walau tidak menyebutkan rencana itu secara detail. 

Belum diketahui apa agenda yang akan dibicarakan Tillerson dengan Xi. 

Sejumlah pengamat mengatakan program luar angkasa Pyongyang digunakan untuk menyamarkan uji coba senjata nuklir.

Secara teknis, mesin roket untuk meluncurkan satelit ke luar angkasa dapat dengan mudah diubah menjadi peluncur misil. 

Sikap yang lebih keras dari AS adalah respons dari dua uji coba nuklir Korut tahun lalu, dan serangkaian peluncuran misil balistik yang disebut Pyongyang bertujuan menghantam fasilitas Negeri Paman Sam di Jepang.



(WIL)