Topan Haima Diperkirakan Hantam Filipina, Taiwan dan Tiongkok

Sonya Michaella    •    Senin, 17 Oct 2016 15:57 WIB
topan badai
Topan Haima Diperkirakan Hantam Filipina, Taiwan dan Tiongkok
Topan Haima yang akan bergerak ke Filipina, Taiwan dan Tiongkok (Foto: Asian Correspondent)

Metrotvnews.com, Manila: Setelah dilanda badai topan Sarika, penduduk Filipina, khususnya bagian pesisir diminta siaga untuk menghadapi badai topan Haima.

Topan Haima diperkirakan akan memasuki Filipina pada sore hari ini. Pusat Geofisika dan Astronomi Filipina atau PAGASA mengatakan topan Haima memiliki kecepatan angin hingga 150 kilo meter per jam.

"Topan Haima siap datang dari Samudera Pasifik sebelah barat dan dengan cepat akan menjadi topan berkekuatan besar yang mengancam Filipina utara, Taiwan dan Tiongkok pada pekan depan," kata PAGASA, seperti dikutip Asian Correspondent, Senin (17/10/2016).

Menurut laporan The Weather Channel, Haima berpotensi 'memukul' Filipina lebih keras daripada topan Sarika.

Sementara, pemerintah Filipina telah memperingatkan warga Filipina bagian pesisir untuk waspada dan bersiap untuk evakuasi.

Nelayan yang biasanya berlayar dengan perahu kecil disarankan untuk tak berlayar terlebih dahulu guna menghindari datangnya topan.

Sebelumnya, hujan lebat dan angin kencang akibat badai topan Sarika menerjang pulau Luzon, Filipina. Akibatnya, lebih dari 12.000 orang terpaksa mengungsi.

Hujan yang amat lebat menyebabkan tanah longsor dan menimpa rumah warga. Saat ini, dilaporkan dua orang telah tewas akibat badai ini. 

Setelah menerjang Filipina, topan Sarika pun bergerak melanda Vietnam dan menewaskan 21 orang, serta mengakibatkan lebih dari 500.000 warga mengungsi.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA