Tiongkok Desak Mongolia Tolak Kunjungan Dalai Lama

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 17:16 WIB
tiongkokdalai lama
Tiongkok Desak Mongolia Tolak Kunjungan Dalai Lama
Dalai Lama (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Beijing: Tiongkok mengecam kedatangan Dalai Lama ke Mongolia pada Jumat ini. Tiongkok pun mengatakan bahwa perjalanan guru spiritual Tibet ini bisa merusak hubungan Tiongkok dan Mongolia.

Tiongkok menganggap Dalai Lama adalah separatis. Dalai Lama telah hidup terasing di India sejak 1959, setelah gagal melakukan pemberontakan di Tibet.

"Kami mendesak Monglia untuk bertindak, mengingat harus adanya menjaga perkembangan hubungan bilateral dengan Tiongkok," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Geng Shuang, seperti dikutip Reuters, Jumat (18/11/2016).

"Jangan biarkan Dalai Lama mengunjungi Mongolia. Jangan mendukung atau memfasilitasi kegiatan separatisme oleh kelompok Dalai," tegasnya lagi.

Dalai pernah mengunjungi Mongolia pada 2006. Saat itu juga, Tiongkok membatalkan semua penerbangan dari Beijing ke UIanbator.

Tiongkok sering mengekspresikan kemarahan dengan negara-negara yang dikunjungi oleh Dalai Lama, misalnya saja Amerika Serikat.

Tiongkok mengatakan Dalai Lama berusaha memecah-belah Tibet dari keseluruhan wilayah Tiongkok. Beijing selama ini terus melobi sejumlah petinggi negara untuk tidak menemui Dalai Lama "dalam bentuk apapun."

Tiongkok juga menyebut Dalai Lama sebagai "serigala berbulu domba." Namun selama ini Dalai Lama hanya mendorong adanya kekuasaan otonomi di Tibet, bukan kemerdekaan. 

Pasalnya, kelompok terbuang dan kelompok HAM sering menuduh Tiongkok menginjak-injak hak agama dan budaya masyarakat Tibet. Hal ini langsung dibantah oleh Tiongkok di mana Tiongkok menegaskan bahwa Negara Tirai Bambu ini lah yang membawa kemakmuran di Tibet.





(FJR)