Korsel Tunda Semua Penerbangan agar Siswa Fokus Ujian

Willy Haryono    •    Kamis, 17 Nov 2016 12:57 WIB
korea selatan
Korsel Tunda Semua Penerbangan agar Siswa Fokus Ujian
Siswa mengikuti ujian masuk universitas di Seoul, Korsel, 17 November 2016. (Foto: Jung Yeon-Je/AFP/Getty Images)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Selatan (Korsel) relatif sepi pada Kamis 17 Pagi, hari ujian masuk universitas bagi lebih dari 600 ribu siswa sekolah menengah atas. 

Kesuksesan dalam ujian -- di mana para siswa Korsel menghabiskan bertahun-tahun untuk persiapan -- dapat menentukan akses ke salah satu universitas favorit, yang dinilai sebagai penentu karier di masa mendatang. 

Untuk memastikan 606 ribu peserta ujian datang tepat waktu, pemerintah melarang beredarnya truk-truk besar. Kompleks pemerintahan, sejumlah perusahaan dan bahkan pasar saham di Korsel baru dibuka pukul 10.00 pagi, satu jam lebih telat dari biasa. 

Kementerian Transportasi Korsel menunda semua penerbangan kedatangan dan keberangkatan selama 30 menit, yang bertepatan dengan sesi mendengarkan dari ujian bahasa. Pemerintah tidak ingin siswa terganggu suara bising pesawat. 

Pekerja di banyak situs konstruksi dihentikan sementara dan kendaraan bising dilarang melintas dekat tempat-tempat ujian. 


Siswa junior menyemangati kakak kelasnya yang akan ikut ujian. (Foto: AFP)

Ujian masuk kuliah, yang berlangsung di 1.183 tempat di Korsel pada pukul 09.00 pagi waktu setempat, akan berakhir malam ini. 

Sejumlah saluran televisi memperlihatkan ratusan siswa yang terlihat gugup. Sebagian dari mereka menangis sambil berpelukan dengan orangtua. 

Ribuan orangtua memadati kuil dan gereja untuk mendoakan kesuksesan anak mereka. Biksu dan pendeta menggelar sesi khusus untuk mendoakan peserta ujian. 

Tekanan untuk tampil baik dalam ujian masuk universitas dituding sebagai faktor utama depresi dan bunuh diri di kalangan remaja Korsel, di mana angka rata-ratanya merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA