30 Hari Tinggal di Luar Angkasa, Dua Astronot Tiongkok Kembali ke Bumi

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 14:48 WIB
luar angkasationgkok
30 Hari Tinggal di Luar Angkasa, Dua Astronot Tiongkok Kembali ke Bumi
Jing Haipeng dan Chen Dong telah tinggal dan bekerja di laboratorium ruang angkasa Tiangong 2 sejak 18 Oktober (Foto: AP)

Metrotvnews.com, Beijing: Dua astronot asal Tiongkok dilaporkan telah berhasil kembali ke Bumi setelah 30 hari lamanya tinggal di ruang angkasa.

Dikutip CNN, Jumat (18/1/2016), Jing Haipeng dan Chen Dong telah tinggal dan bekerja di laboratorium ruang angkasa Tiangong 2 sejak 18 Oktober.

Laboratorium ini adalah bagian penting dari program luar angkasa Tiongkok. Pasalnya, Negara Tirai Bambu ini telah menghabiskan miliaran dolar untuk meluncurkan stasiun ruang angkasa Tiongkok ke orbit.

"Tiangong adalah pra-kursor kemampuang. Dibangun menuju stasiun ruang angkasa besar selalu menjadi tujuan puncak dari program Shenzhou," kata seorang profesor dari Naval War College, Joan Johnson-Freese.

Rencana selanjutnya, dikatakan akan ada pengiriman probe robot ke Mars dan misi berawak ke bulan di mana akan membuat Tiongkok menjadi negara kedua yang mengunjungi permukaan bulan.

Selama di luar angkasa, mereka membuat persiapan modul dasar untuk stasiun luar angkasa pertama milik Tiongkok. Tiongkok kini semakin dekat mengejar ambisi mendirikan stasiun luar angkasa berawak secara permanen pada 2022.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengirimkan pesan kepada dua astronot tersebut untuk berkontribusi penuh dalam pembangunan Tiongkok di kekuatan ruang.

Tiongkok menganggap program ini sebagai lambang kemajuan negara dan penanda pertumbuhan global. Namun, Tiongkok sadar bahwa program ini masih membutuhkan waktu yang lama untuk setara dengan AS.

 


(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA