Abbott Tidak Masalah Bekerja di Kabinet Turnbull

Willy Haryono    •    Minggu, 27 Nov 2016 12:50 WIB
politik australia
Abbott Tidak Masalah Bekerja di Kabinet Turnbull
PM Australia Malcolm Turnbull (kiri) dan mantan PM Tony Abbott. (Foto: AFP/PETER PARKS)

Metrotvnews.com, Canberra: Mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott menegaskan dirinya bisa bekerja secara profesional di dalam kabinet PM Malcolm Turnbull, meski dirinya pernah "ditusuk dari belakang" di masa lalu. 

Ia memberikan contoh dari mantan PM John Howard dengan Peter Costello, yang bisa bekerja sama dengan baik meski keduanya bukan teman dekat. 

"Peter Costello dan John Howard terkadang kerap berselisih paham, tapi mereka bekerja bersama dengan sangat efektif," ungkap Abbott, seperti dilansir The Guardian, Minggu (27/11/2016). 

Saat ditanya apakah bisa bekerja secara dekat dan efektif dengan Turnbull jika kembali ke kabinet, Abbott berkata: "Salah satu hal yang saya selalu katakan kepada para kolega saya adalah, untuk fokus pada pekerjaan saat ini."

"Dan pekerjaan itu harus dilakukan secara maksimal. Saya dengan senang hati akan mengikuti nasihat yang telah saya berikan ini," sambung dia. 

Dalam wawancara dengan Sky News, Abbott mengatakan Koalisi tidak perlu bereaksi berlebihan atas ancaman dari Pauline Hanson, yang mengingatkan Turnbull untuk memimpin partai secara tegas untuk menghentikan gerakan dari partai-partai kecil di Australia. 

Abbott didepak dari posisinya lewat pemungutan suara internal Partai Liberal. Turnbull mendapatkan 54 suara, sementara Abbot hanya 44. 

Meski merasa dikhianati, Abbott menerima hasil keputusan partainya. "Saya menerima hasil ini dan menjanjikan tidak akan merendahkan atau mencari kesempatan menjatuhkan (Malcom) Turnbull," sebut dia.

 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA