Diundang Presiden Xi, Kim Jong-un Berkunjung ke Tiongkok

Willy Haryono    •    Selasa, 08 Jan 2019 10:01 WIB
kim jong-unkorea utara
Diundang Presiden Xi, Kim Jong-un Berkunjung ke Tiongkok
Kim Jong-un bersama sang istri, Ri Sol-ju. (Foto: KCNA/AFP)

Beijing: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Tiongkok atas undangan Presiden Xi Jinping. Spekulasi adanya kunjungan dari Kim sudah muncul sejak Senin kemarin, di mana orang nomor satu di Pyongyang itu dikabarkan bertolak ke Tiongkok dengan kereta api.

Menurut kantor berita KCNA, seperti disitir oleh BBC, Selasa 8 Januari 2019, Kim akan berada di Tiongkok dari tanggal 7 hingga 10 Januari. Ia berada di Negeri Tirai Bambu bersama sang istri, Ri Sol-ju.

Kunjungan ke Tiongkok ini, yang juga ditemani beberapa pejabat Korut lainnya, akan menjadi kali keempat bagi Kim dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Tiongkok adalah sekutu diplomatik utama Korut, dan juga salah satu sumber utama perdagangan dan bantuan. Tahun lalu, Kim tiga kali mendatangi Tiongkok dan berdiskusi dengan Xi, setelah lebih dari enam tahun tidak bertemu.

Lawatan terbaru Kim ini akan semakin meningkatkan spekulasi bahwa Konferensi Tingkat Tinggi kedua antara Korut dan Amerika Serikat akan terjadi dalam waktu dekat. KTT pertama sudah terjadi antara Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura pada Juni tahun lalu.

Sebelumnya, Trump mengatakan AS dan Korut sedang mendiskusikan lokasi KTT kedua. Ia juga mengklaim lokasi itu akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Kepada awak media, Trump mengklaim AS berhubungan baik dengan Korut, namun ia menegaskan sanksi ekonomi masih akan diterapkan kepada Pyongyang.


(WIL)