Tolak Atlet Israel, Malaysia Dicoret Jadi Tuan Rumah Paralimpiade

Sonya Michaella    •    Senin, 28 Jan 2019 16:14 WIB
malaysiaisrael
Tolak Atlet Israel, Malaysia Dicoret Jadi Tuan Rumah Paralimpiade
Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia Syed Saddiq. (Foto: The Star)

Kuala Lumpur: Malaysia dicoret dari daftar tuan rumah Olimpiade Paralimpiade cabang olah raga renang karena melarang atlet asal Israel berpartisipasi. Olimpiade ini awalnya akan digelar pada 29 Juli 2019 di Kuching, Sarawak.

"Tuan rumah yang melarang atlet-atlet dari negara tertentu karena alasan politik, terpaksa kami coret dan kami harus mencari tuan rumah baru," kata Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Andrew Parsons, dikutip dari BBC, Senin 28 Januari 2019.

"Semua kejuaraan harus terbuka bagi semua atlet dari negara mana pun yang memenuhi syarat untuk bertanding," ujar Parsons lagi.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia Syed Saddiq mengatakan, Malaysia akan kehilangan hati nurani dan moral jika menjadi tuan rumah acara internasional dengan mengesampingkan kepentingan saudara-saudara di Palestina. 

Keputusan terbaru Malaysia untuk melarang atlet Israel berlaga ini mendapat dukungan dari sekitar 29 organisasi non-pemerintah termasuk Organisasi Kebudayaan Palestina di Malaysia yang memuji sikap pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad. 

Kendati demikian, keputusan Malaysia ini dikritik keras oleh Pemerintah Israel. Mereka menyebut PM Mahathir sebagai sosok 'anti-Semitisme'. 
 
"Israel mengutuk keras keputusan yang terinspirasi oleh anti-Semitisme fanatik dari PM Malaysia Mahathir Mohamad. Larangan itu sangat berseberangan dengan semangat Olimpiade," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmannuel Nahshon.
 
Sebelumnya pada 2015 silam, Malaysia juga pernah melarang atlet surfing Israel masuk ke negaranya. Mereka harus mengundurkan diri dari kompetisi di Pulau Langkawi karena visanya ditolak.
 
Kuala Lumpur juga menolak untuk menjadi tuan rumah konferensi FIFA pada 2017 karena delegasi Israel dinyatakan akan hadir.



(FJR)