Indonesia Kecam Uji Coba Peluncuran Rudal Korut

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 29 Nov 2017 16:30 WIB
rudal korut
Indonesia Kecam Uji Coba Peluncuran Rudal Korut
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi--Antara/Sigid Kurniawan

Jakarta: Pemerintah Indonesia mengecam uji coba peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara (Korut) hari ini. Tindakan Korut itu dinilai melanggar semangat atau upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

"Tindakan ini sudah bertentangan dengan semua resolusi DK PBB. Jadi, intinya posisi kita seperti itu," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Ia menegaskan posisi Indonesia sudah sangat jelas untuk memediasi permasalahan ini. Ia pun terus berkomunikasi dengan Korea Selatan untuk menyelesaikan permasalahan di Semenajung Korea ini.

"Bapak Presiden waktu Presiden Korsel (Moon Jae-in) berkunjung ke sini membahas hal itu. Dan sudah menyampaikan apa yang sudah dilakukan. Tentunya sudah dihitung situasinya seperti itu," ujar dia.



Rudal balistik antarbenua Korut diluncurkan hari ini sekitar pukul 18.17 GMT atau dini hari waktu Indonesia. Rudal ini mengarah ke Zona Ekonomi Eksklusif Jepang dan membuat Negara Matahari Terbit itu berang.

Baca: Rudal Balistik Kembali Meluncur, Indonesia Sebut Korut Tak Bertanggung Jawab

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan tindakan provokatif Korut yang sudah berulang kali mengarah ke Laut Jepang.

Sebelumnya, Jepang telah melacak dan menerima sinyal radio bahwa Korut sedang mempersiapkan peluncuran uji coba rudal berikutnya.

Dikatakan, rudal tersebut terbang selama 53 menit pada ketinggian di atas 4.000 kilometer. Amerika Serikat turut mengecam tindakan Korut ini dan menegaskan bahwa sanksi terhadap Korut harus tetap dilanjutkan.


(YDH)