Sekjen PBB Mengecam Keras Peluncuran Rudal Korut

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 29 Nov 2017 10:58 WIB
rudal korut
Sekjen PBB Mengecam Keras Peluncuran Rudal Korut
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un beri persetujuan tes rudal terbaru (Foto: AFP).

New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengecam keras uji coba rudal terbaru Korea Utara (Korut). Dia mendesak Pyongyang untuk berhenti mengambil langkah-langkah memicu keributan.
 
 
"Ini adalah pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan dan menunjukkan ketidakpedulian sepenuhnya terhadap pandangan bersatu masyarakat internasional," ujar Guterres dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman AFP, Rabu, 29 November 2017.
 
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, Pyongyang harus segera menghentikan program nuklir balistiknya.
 
"Semua negara harus melanjutkan langkah-langkah ekonomi dan diplomatik yang kuat. Selain itu, kita harus menerapkan sanksi PBB yang ada, termsauk menunda lalu lintas dan pengiriman barang ke dan dari Korut," serunya.
 
 
Rudal balistik antarbenua Korut diluncurkan pada hari ini sekitar pukul 18.17 GMT atau dini hari di mana rudal ini mengarah ke Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.
 
Sebelumnya, memang Jepang telah melacak dan menerima sinyal radio bahwa Korut sedang mempersiapkan peluncuran uji coba rudal berikutnya.
 
Dikatakan, rudal tersebut terbang selama 53 menit pada ketinggian di atas 4.000 kilo meter.



(FJR)